Balita Diperkosa Mantan Ayah Tiri di Koja, Polisi dan LPAI Beri Pemulihan kepada Korban

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Pihak kepolisian bersama dengan┬áLembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) tengah melakukan pemulihan terhadap anak empat tahun di Koja, Cilincing, Jakarta Utara yang diperkosa oleh mantan ayah tirinya.

Read More

“Kami fokus recovery, memberikan dukungan khususnya terkait psikologis anak sehingga si anak bisa bangkit kembali dan menghilangkan masa lalu yang sudah dialami,” kata Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Pol Wibowo saat berkunjung ke rumah korban bersama Ketua LPAI Seto Mulyadi, Senin (14/2/2022).

Lebih lanjut Wibowo mengatakan, saat ini polisi telah menangkap mantan ayah tiri korban dan menetapkannya sebagai tersangka.

Pelaku berinisial IN (50) ditangkap pada Selasa (8/2/2022) lalu dan telah menjalani proses hukum di Unit Pelayanan Perempuan dan Anak Satreskrim Polres Metro Jakarta Utara.

Sementara itu, Ketua LPAI Seto Mulyadi mengatakan, dukungan dari orang-orang terdekat terhadap korban sangat penting.

Dia juga menyarankan agar keluarga atau orang terdekat lainnya tidak mengungkit peristiwa traumatis yang menimpa korban.

“Yang paling pertama adalah dukungan keluarga, dan jangan pernah mengungkit kembali, menanyakan kembali, karena anak akan trauma,” kata dia.

Menurut Seto, apa yang menimpa korban merupakan kasus kejahatan seksual yang harus diwaspadai.

Berkaca dari kasus di Koja tersebut, pelaku kejahatan seksual bisa berasal dari orang terdekat.

Diberitakan sebelumnya, seorang balita diduga diperkosa oleh mantan ayah tirinya di Koja.

Terduga pelaku berinisial IN tersebut telah dilaporkan ke Polres Metro Jakarta Utara.

“Kalau kata dokter, dilihat dari kondisi fisiknya, itu terjadi sudah lama. Sekitar bulan Oktober 2021 lah,” ujar I, pengurus RW setempat, Jumat (4/2/2022).

I menuturkan, dugaan pemerkosaan terungkap ketika korban menginap di rumah saudaranya.

Saat menginap, kata dia, korban terlihat sering menggaruk alat kelaminnya. Kerabat korban kemudian memeriksa alat kelamin korban dan menemukan keganjilan.

Setelah dipancing untuk bercerita, korban mengaku bahwa dia kerap diperlakukan tidak senonoh oleh mantan ayah tirinya.

Laporan terhadap IN dilayangkan keluarga korban pada 31 Januari 2022.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Balita #Diperkosa #Mantan #Ayah #Tiri #Koja #Polisi #dan #LPAI #Beri #Pemulihan #kepada #Korban #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts