Keliling Lokasi Ibu Kota Baru, Puan Ingin IKN Nusantara jadi Wajah Kemajuan Indonesia

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani berkeliling meninjau lokasi pembangunan ibu kota negara (IKN) di Kalimantan Timur bersama sejumlah pejabat pemerintah, Rabu (16/2/2022).

Read More

Dalam kunjungannya itu, Puan berharap kota yang dinamakan Nusantara itu dapat menjadi wajah kemajuan Indonesia yang dikagumi oleh dunia internasional.

“Kita inginkan IKN Nusantara menjadi wajah kemajuan Indonesia yang dikagumi dunia. Tempat bekerja putra-putri terbaik bangsa untuk melahirkan ide-ide dan kerja-kerja terbaik bagi Indonesia dan rakyat,” kata Puan dalam siaran pers, Rabu.

Selama kunjungannya itu, ada beberapa titik pembangunan ibu kota yang ditinjau oleh Puan.

Dengan menggunakan kapal cepat dari Balikpapan menuju IKN Nusantara, Puan melewati lokasi proyek Jembatan Pulau Balang yang akan menghubungkan Balikpapan dengan kawasan IKN Nusantara.

Setelah turun dari kapal, Puan dan rombongan melanjutkan perjalanan darat menuju Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN.

Di sana, Puan meninjau lokasi titik nol yang akan menjadi tempat berdirinya kantor-kantor pusat pemerintahan dan lembaga tinggi negara akan dibangun, termasuk gedung DPR.

KIPP IKN merupakan lokasi yang tengah menjadi prioritas pembangunan oleh pemerintah. Puan berpesan agar lokasi tersebut dirancang seideal mungkin.

“Ini pertama kalinya semenjak Indonesia merdeka, kita memiliki kesempatan untuk membangun ibu kota dari awal. Sehingga ini kesempatan kita untuk membangun Ibu Kota Negara dengan se-ideal mungkin dari awal,” ujar Puan.

Politikus PDI-P itu sempat melihat titik pembangunan istana negara serta mengunjungi menara pandang setinggi 20 meter bernama Menara Soedarmono untuk melihat seluruh kompleks IKN Nusantara.

Setelah itu, Puan melanjutkan perjalanan ke lokasi Bendungan Semoi Sepaku menggunakan helikopter.

Menurut rencana, bendungan yang berada di lahan seluas 250.000 hektar itu akan menjadi penyedia air baku IKN Nusantara.

Dalam kunjungannya itu, Puan menyampaikan beberapa pesan, salah satunya ia meminta agar pembangunan ibu kota sesuai dengan semangat awal yakni membangun kota yang modern, hijau, pintar, dan berkelanjutan.

“Kenapa smart dan green? Karena itu kebutuhan kita ke depan. Kota modern, hijau dan memperhatikan lingkungan,” kata Puan.

Puan juga meminta pemerintah untuk memperhatikan rincian pekerjaan dalam perencanaan dan pembangunan IKN Nusantara dengan seksama.

“Mulai dari anggarannya, pengerjaannya, proses transisinya ASN pindah bekerja di sini, dan sebagainya,” ujar dia.

Sejumlah pejabat pemerintah turut mendampingi kunjungan Puan yakni Panglima TNI Jenderal (TNI) Andika Perkasa, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, serta Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Keliling #Lokasi #Ibu #Kota #Baru #Puan #Ingin #IKN #Nusantara #jadi #Wajah #Kemajuan #Indonesia #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts