Bos BCA Sebut Negara-negara Ini Potensial Dijajaki Kerja Sama Mata Uang Lokal

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Bank Central Asia Tbk terus mendorong implementasi skema pembayaran transaksi dengan mata uang lokal negara terkait atau Local Currency Settlement (LCS).

Read More

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja menilai, kehadiran LCS telah memberikan ragam manfaat bagi nasabah termasuk kuotasi nilai tukar mata uang asing secara langsung (direct quotation) antara Indonesia dengan negara mitra, serta penyelesaian transaksi yang lebih cepat karena negara mitra berada dalam zona waktu Asia.

Selain itu nasabah juga bisa mendapatkan nilai tukar yang kompetitif dan biaya yang ringan, serta terdapat pula relaksasi regulasi dalam melakukan transaksi jual beli valuta asing dalam mata uang ringgit, baht, dan yen terhadap rupiah.

“Ke depannya BCA akan terus mendukung bisnis perbankan internasional khususnya terkait transaksi LCS,” ujar Jahja, dalam G20 Side Event Series, Rabu (16/2/2022).

Lebih lanjut, Jahja melaporkan, transaksi LCS di BCA pun terus mengalami peningkatan. Tercatat pada tahun 2021 transaksi LCS di BCA meningkat di atas 40 persen baik secara nilai transaksi maupun jumlah transaksi.

Dengan melihat dampak-dampak positif implementasi kebijakan tersebut, Jahja mendukung upaya BI untuk memperluas pelaksanaan LCS.

“Adapun beberapa negara yang potensial untuk dijajaki kerja sama LCS adalah Taiwan, Korea dan India,” kata dia.

Disamping inisiatif LCS, BCA juga mendukung inisiatif regulator dalam penyediaan sistem pembayaran lainnya, yakni QR sebagai metode pembayaran di Thailand dan Malaysia.

“Kami berharap melalui penyelenggaraan G20 ini, kami turut serta membangkitkan perekonomian global dan Indonesia meskipun pandemi masih berlangsung,” ucap Jahja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Bos #BCA #Sebut #Negaranegara #Ini #Potensial #Dijajaki #Kerja #Sama #Mata #Uang #Lokal #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts