Perjalanan Patung Jokowi Menuju Mandalika

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Patung Presiden Joko Widodo karya seniman patung ternama Nyoman Nuarta tengah menjalani proses pengiriman ke Mandalika, Lombok Tengah, NTB.

Read More

Patung yang diberi nama SPEED ini dikirim dari workshop NuArt Sculpture Park yang berlokasi di Bandung, Jawa Barat.

Proses persiapan pengiriman patung Jokowi naik motor ini dibagikan oleh Nyoman Nuarta melalui akun media sosial instagram miliknya.

“Betul (red: akan segera dikirim),” kata Nyoman Nuarta, saat dihubungi oleh Kompas.com, Sabtu (19/2/2022).

Beberapa hari sebelum proses pengiriman, Nyoman dibantu beberapa timnya telah melakukan proses packing.

Proses packing disesuaikan dengan ketentuan tinggi maksimal armada yang digunakan selama pengiriman.

Pasalnya, Nyoman mengatakan, patung Jokowi naik motor ini memiliki ukuran dua kali lebih besar dari ukuran aslinya.

“Patungnya kan cukup besar dan tinggi. Sementara kita ada persyaratan tinggi (kendaraan) saat di tol. Kemudian juga di kapal yang mengangkut itu kan pintunya belum tentu tinggi,” jelas Nyoman.

Menyiasati hal itu, Nyoman memutuskan untuk mendesain patung Jokowi agar mudah dilepas menjadi dua bagian.

“Kita ngedesainnya itu memang bisa dilepas antara motor dan angin-anginnya itu. Jadi patungnya dibagi dua selama pengiriman. Cuman tetap satu kendaraan,” imbuhnya.

Lama proses pengiriman

ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI Pekerja memasang rangka untuk mengemas patung Presiden Joko Widodo yang menaiki sepeda motor di NuArt Sculpture Park, Bandung, Jawa Barat, Jumat (18/2/2022). Patung Presiden Joko Widodo menaiki sepeda motor yang terbuat dari tembaga kuningan karya I Nyoman Nuarta tersebut memiliki tinggi 3,6 meter, panjang 6 meter dan akan dikirim ke Sirkuit Mandalika, Lombok pada Sabtu (19/2/2022) melalui jalur darat.

Proses pengiriman patung Jokowi naik motor ke Mandalika dilakukan melalui dua jalur pengiriman, yaitu darat dan laut.

Nyoman dan tim memutuskan untuk menggunakan truk dolly selama proses pengiriman jalur darat.

Truk dolly dipilih karena memiliki roda yang kecil di mana diameter rodanya hanya 70 cm saja. Dengan begitu, tinggi kendaraan bisa dioptimalkan untuk ketinggian patung sehingga armada bisa masuk ke gerbang tol dan melewati pintu kapal.

Sementara untuk jalur laut, Nyoman memperkirakan akan menggunakan kapal Ro-Ro karena truk yang digunakan selama perjalanan darat cukup besar dan panjang.

Nantinya, truk dolly yang digunakan itu akan masuk melewati pintu kapal untuk menempuh perjalanan laut.

“Jadi kenapa kita naikkan ke kapal dengan truk-truknya, supaya loading-nya itu cuman dari studio kita ini di Bandung kemudian loading kembali di Mandalika dan langsung pasang,” imbuhnya.

Lama proses pengiriman ini diperkirakan mencapai 5 hari jika tidak terkendala cuaca, seperti gelombang tinggi.

Proses pemasangan kembali

Setelah melalui proses pengiriman jalur darat dan laut sekitar 5 hingga 7 hari, Nyoman Nuarta berharap agar patung Jowoki naik motor bisa segera dipasang di pintu gerbang Sirkuit Mandalika.

Setelah patung Jokowi tiba di Mandalika, Nyoman dan tim akan segera bertolak ke Mandalika untuk memasang patung tersebut.

Oleh karena itu, ia berharap agar pembangunan base yang akan digunakan sebagai alas patung Jokowi naik motor sudah layak dan siap digunakan.

“Saya datang ke sana kalau patungnya sudah sampai di situ, saya juga sudah sampai di situ. Jadi tim kita kan ada kurang lebih 9 orang untuk memasang (patung Jokowi) di sana,” ujarnya.

Bisa menjadi ikon Mandalika

Nyoman berharap, patung Jokowi di Sirkuit Mandalika bisa menjadi ikon sehingga menghidupkan pariwisata masyarakat Lombok Tengah, NTB, ketika Covid-19 sudah mereda.

Turis yang datang untuk melihat keindahan Pulau Lombok khususnya Mandalika bisa melakukan foto di depan patung tersebut.

“Nantinya begini, balapan itu kan tidak setiap saat. Sedangkan turis ke Lombok itu setiap saat kalau sudah tidak Covid-19 ya. Mereka penasaran dengan Sirkuit Mandalika. Kemudian ngapain ya? Nah, bisa ber-selfie-lah di situ di depan patungnya Pak Jokowi,” ujar Nyoman Nuarta.

Ia mengatakan, patung Jokowi naik motor merupakan hadiah untuk pariwisata masyarakat Lombok Tengah, NTB. Sehingga bisa memberikan manfaat dan meningkatkan perekonomian masyarakat di sekitar.

“Jadi kalau ini bisa jadi ikon, orang-orang datang atau turis-turis yang datang ke sana, ini bisa berfoto-fotolah di situ,” pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


#Perjalanan #Patung #Jokowi #Menuju #Mandalika #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts