4 Cara Mudah Meredakan Sakit Tenggorokan

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Sakit tenggorokan memang sangat menyebalkan. Kita jadi sudah untuk makan, minum, tidur, berbicara, dan melakukan berbagai aktivitas lainnya.

Biasanya, sakit tenggorokan terjadi karena beberapa jenis penyakit seperti alergi, flu, hingga infeksi bakteri.

Jika disebabkan oleh infeksi virus seperti pilek, sakit tenggorokan biasanya hilang dalam waktu tiga hingga 10 hari.

Jika pemicunya adalah infeksi bakteri seperti radang atau alergi, butuh waktu lebih lama untuk sembuh jika tidak diobati dengan obat yang tepat.

Bagi Anda yang ingin meringankan sakit tenggorokan, sebenarnya ada beberapa alternatif cara yang bisa Anda lakukan di rumah. Berikut cara mudah meredakan sakit tenggorokan.

1. Mengonsumsi makanan atau minuman hangat dan dingin

Mengonsumsi makanan atau minuman hangat seperti teh atau sup ayam akan membantu menenangkan tenggorokan yang terasa gatal.

Spesialis kedokteran keluarga Daniel Allan mengatakan bahwa cairan akan membantu membersihkan selaput lendir, menjaga aliran, dan mencegah infeksi sinus.

“Cairan hangat juga dapat mengurangi batuk dengan menenangkan bagian belakang tenggorokan Anda,” tambah dia.

2. Berkumur

Larutkan setengah sendok teh garam atau soda kue dalam segelas air hangat. Setelah itu, gunakan larutan tersebut untuk berkumur namun jangan ditelan.

Anda bisa menggunakannya untuk berkumur setiap tiga jam sekali. Air garam dapat membantu mengurangi pembengkakan dan iritasi di tenggorokan.

#Cara #Mudah #Meredakan #Sakit #Tenggorokan

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts