Imbas Invasi Rusia ke Ukraina, Formula 1 Tak Akan Gelar GP Rusia 2022

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Formula 1 (F1) memutuskan tidak akan menggelar balapan Grand Prix Rusia menyusul invasi yang dilakukan negara tersebut ke Ukraina. 

Read More

GP Rusia yang merupakan seri ke-17 pada Kejuaraan Dunia F1 musim ini semula dijadwalkan berlangsung di Sirkuit Sochi pada 23-25 September 2022. 

Namun, ketegangan antara Rusia dan Ukraina yang meningkat telah membuat F1 memutuskan untuk tidak menggelar GP Rusia tahun ini. 

Hal tersebut disampaikan F1 melalui media sosial dan laman resmi mereka pada Jumat (25/2/2022) malam WIB. 

“Kejuaraan Dunia Formula 1 mengunjungi negara-negara di seluruh dunia dengan visi positif untuk menyatukan orang-orang,” demikian bunyi pernyataan F1. 

“Kami menyaksikan perkembangan di Ukraina dengan rasa sedih, terkejut, dan harapan untuk penyelesaian yang cepat serta damai dalam situasi saat ini.” 

“Pada Kamis malam, Formula 1, FIA, dan tim membahas kelangsungan olahraga kami dan kesimpulannya adalah bahwa tidak mungkin menggelar Grand Prix Rusia dalam situasi seperti ini.”

Sebelumnya, invasi Rusia ke Ukraina juga sudah membuat mantan juara dunia F1 Sebastian Vettel buka suara. 

Pebalap asal Jerman itu mengatakan bahwa ia tidak akan membalas di Grand Prix Rusia 2022. 

“Saya tidak akan pergi. Itu akan menjadi suatu kesalahan untuk membalap di negara tersebut,” kata Sebastian Vettel, dilansir dari BBC. 

“Saya berduka untuk orang-orang tak bersalah yang dibunuh karena alasan bodoh serta kepemimpinan yang sangat aneh dan gila,” ujar juara dunia empat kali ini. 

Hal serupa ditambahkan oleh juara dunia F1 musim lalu, Max Verstappen, yang mengatakan bahwa perang di Ukraina membuatnya tak akan membalap di Rusia.

“Tidak benar untuk membalap di sebuah negara yang tengah berperang,” ujar pebalap tim Red Bull tersebut. 

Formula 1 bukan satu-satunya olahraga yang terdampak oleh ketegangan antara Rusia dan Ukraina. 

Sebelumnya, UEFA selaku induk sepak bola Eropa telah memutuskan memindahkan pertandingan final Liga Champions 2021-2022. 

Final Liga Champions awalnya akan diselenggarakan di Saint-Petersburg, Rusia. Namun, UEFA kemudian memindahkan arena final ke Stade de France di Kota Saint-Denis, Perancis. 

Sementara tu, soal jadwal, UEFA tetap mengagendakan final Liga Champions pada 28 Mei 2022.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Imbas #Invasi #Rusia #Ukraina #Formula #Tak #Akan #Gelar #Rusia #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts