Cara Meredakan Sakit Tenggorokan dengan Bahan Alami untuk Anak dan Dewasa

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Banyak orang yang mengalami sakit tenggorokan hingga batuk beberapa minggu ini.

Read More

Dilansir Everyday Health, 7 Februari 2022, sakit tenggorokan muncul sebagai keluhan utama orang yang didiagnosis dengan Covid-19.

“Tenggorokan yang sakit atau gatal yang mungkin telah kita abaikan beberapa bulan yang lalu karena bukan masalah besar sekarang mungkin merupakan tanda awal Omicron,” kata asisten profesor kedokteran sekaligus dokter perawatan paru dan kritis di Johns Hopkins Medicine di Baltimore, Panagis Galiatsatos, MD.

Banyak dari pasien yang hanya memerlukan isolasi mandiri di rumah dengan gejala Covid-19 ringan atau tanpa gejala.

Meredakan sakit tenggorokan bisa dilakukan dengan cara dan bahan alami. Berikut beberapa caranya.

Menurut Galiatsatos, tidak ada obat yang dapat menyembuhkan sakit tenggorokan akibat Covid-19.

Namun, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi ketidaknyamanan.

Dia menyarankan untuk tetap terhidrasi. Selain itu, pengobatan sederhana juga bisa membantu menurut Penn Medicine.

Berkumur dengan air garam atau minum air hangat atau teh yang dicampur dengan madu atau air hangat dengan jus lemon semuanya bisa meredakan rasa sakit.

1. Air garam hangat

Dilansir Healthline, berkumur dengan air garam hangat dapat membantu meredakan tenggorokan yang gatal.

Hal itu karena garam menarik lendir keluar dari jaringan yang bengkak dan meradang, sehingga membantu meringankan ketidaknyamanan.

Sementara itu Mayo Clinic merekomendasikan untuk menggabungkan 1/4 hingga 1/2 sendok teh garam meja dengan 4 hingga 8 ons air hangat.

Aduk hingga garam larut. Kemudian berkumurlah dengannya selama beberapa detik dan ludahkan. Ulangi kumur garam beberapa kali setiap hari.

2. Teh dengan madu

Teh hangat yang dicampur madu dapat membantu menenangkan tenggorokan Anda yang teriritasi.

Teh juga membuat Anda tetap terhidrasi, yang merupakan langkah penting lainnya dalam mengobati sakit tenggorokan. Seduh secangkir teh saat sakit tenggorokan mulai menggelitik.

Teh hijau bisa menjadi pilihan karena berfungsi sebagai antibakteri, pereda nyeri, dan sumber antioksidan yang kaya, serta membantu mengurangi peradangan.

3. Semprotan echinacea dan sage

Gunakan beberapa semprotan semprotan yang mengandung kombinasi echinacea dan sage.

Sebuah studi di Jurnal Penelitian Medis Eropa menemukan, obat herbal ini menenangkan sakit tenggorokan serta semprotan pereda sakit tenggorokan OTC.

4. Banyak minum air

Tetap terhidrasi adalah bagian penting dalam mengobati sakit tenggorokan. Salah satu caranya dengan memperbanyak minum air putih.

Saat Anda mengalami dehidrasi, tubuh Anda tidak dapat memproduksi cukup air liur dan lendir untuk menjaga tenggorokan Anda tetap terlumasi secara alami.

Ini akan memperburuk pembengkakan dan peradangan.

Selain air, Anda juga bisa minum teh hangat atau sup hangat. Hindari kafein dan alkohol, yang dapat membuat Anda lebih kering.

5. Mandi uap

Hirup uap dari mandi air hangat untuk membantu mengurangi pembengkakan dan meredakan sakit tenggorokan.

Anda dapat membuat uap dengan mengalirkan air yang sangat panas ke bak cuci. Letakkan handuk di atas kepala Anda dan sandarkan tubuh ke wastafel untuk menghirup uapnya.

Terus ambil napas dalam-dalam selama beberapa menit, dan ulangi seperlunya untuk meredakan sakit tenggorokan.

Selain itu, Anda juga dapat merebus air dalam panci di atas kompor selama 30 menit untuk meningkatkan kelembapan di rumah Anda.

Sakit tenggorokan pada anak

Berikut adalah beberapa cara lain untuk meredakan sakit tenggorokan anak Anda:

  1. Campurkan 1/4 hingga 1/2 sendok teh garam dan 8 ons air hangat, dan mintalah anak Anda berkumur dengannya. Anak-anak di atas usia 6 tahun biasanya sudah cukup besar untuk berkumur tanpa menelan.
  2. Beri anak Anda cairan hangat, seperti kaldu ayam atau teh. Anak-anak di atas satu tahun dapat memiliki sedikit madu yang dicampur ke dalam teh untuk menenangkan tenggorokan mereka.
  3. Biarkan anak Anda mengisap sesuatu yang dingin, seperti es loli.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Cara #Meredakan #Sakit #Tenggorokan #dengan #Bahan #Alami #untuk #Anak #dan #Dewasa #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts