Gempa Magnitudo 7,3 di Jepang, Kemenlu: Info Awal WNI dalam Kondisi Baik

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Luar Negeri RI (Kemenlu RI) menyatakan hingga saat ini belum mendapatkan informasi terbaru secara detail mengenai kondisi warga negara Indonesia (WNI) di Jepang, usai gempa magnitudo 7,3 mengguncang wilayah timur laut negara itu, Rabu (16/3/2022) pukul 23.36 waktu setempat.

Read More

Juru Bicara Kemenlu Teuku Faizasyah mengatakan, berdasarkan informasi awal dari KBRI Tokyo, sejauh ini WNI di Negeri Sakura tersebut berada dalam kondisi baik.

“Info awal dari KBRI Tokyo, mereka sudah mengontak simpul-simpul masyarakat di sana dan sejauh ini kondisi mereka baik,” kata Faizasyah kepada Kompas.com, Kamis (17/3/2022).

Dilansir dariĀ Channel News Asia, gempa magnitudo 7,3 di Jepang menyebabkan satu orang tewas dan 69 lainnya cedera.

Selain itu, ada pula beberapa laporan kebakaran, kata pemerintah, dan sejumlah orang mengalami luka-luka. Penyiar publik NHK mengatakan, satu orang telah meninggal.

“Panggilan telah membanjiri polisi dan ambulans di Fukushima dan Miyagi,” kata juru bicara pemerintah Hirokazu Matsuno kepada wartawan.

Sementara itu, dilansir dariĀ Reuters, gempa mengguncang gedung-gedung, serta membuat beberapa wilayah Tokyo tanpa listrik dan memicu peringatan tsunami.

“Getaran gempa terlalu kuat bagi orang untuk berdiri,” menurut penyiar publik NHK.

Perdana Menteri Fumio Kishida mengatakan, pemerintah sedang bekerja untuk menilai tingkat kerusakan setelah gempa.

Wilayah yang sama juga dilanda gempa besar dan diikuti tsunami pada 2011, kemudian memicu bencana nuklir Fukushima.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Gempa #Magnitudo #Jepang #Kemenlu #Info #Awal #WNI #dalam #Kondisi #Baik #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts