Samsung Kenalkan Smart TV Neo QLED 8K 2022, Dukung Stadia dan NFT

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Samsung mengenalkan SmartTV baru, Neo QLED 8K 2022. Smart TV ini telah di-upgrade dengan prosesor baru, untuk meningkatkan kenyamanan menikmati TV layar besar.

Read More

Seri Smart TV Neo QLED 8K 2022 tersedia dalam empat ukuran layar, yakni seri QN900B dengan ukuran layar terbesar 85 inci, dan seri QN700B dalam ukuran layar 55, 65, dan 75 inci.

“Neo QLED 8K TV 2022 dirancang untuk memenuhi kebutuhan dan memberdayakan passion konsumen kami, dan semua inovasi ini dipicu oleh pengalaman mereka,” kata Jong-Hee (JH) Han, Vice Chairman, CEO & Head of Samsung Electronics DX Division dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Sabtu (2/4/2022).

Beberapa pengalaman baru yang bisa dinikmati pengguna Smart TV Neo QLED 8K 2022 antara lain pengalaman cloud gaming dengan platform Stadia, serta menikmati karya seni NFT di layar TV mereka di ruang keluarga.

Prosesor dan fitur

Seperti disebut di atas, prosesor Smart TV Neo QLED 8K 2022 diupgrade dengan Neural Quantum Processor 8K terbaru yang memiliki 20 jaringan neural AI independen.

Masing-masing jaringan neural itu menganalisis karakteristik dan kualitas gambar konten, untuk menghadirkan tampilan yang optimal, apa pun sumbernya.

Prosesor ini juga melahirkan inovasi Real Depth Enhancer, yang memindai layar, dan memaksimalkan kontras dengan background dengan cara memperbaiki objek tanpa memproses background.

Cara kerjanya serupa dengan cara kerja mata manusia mengolah gambar dalam kehidupan nyata, sehingga objek di layar akan terlihat lebih menonjol di depan background.

Prosesor ini dikombinasikan dengan Quantum Mini LED diklaim memiliki pencahayaan yang presisi dan terkontrol, sehingga area terang tetap terjaga keterangannya, sementara area gelap di sekitarnya akan tetap gelap (Shape Adaptive Light Control).

Audio

Dari segi audio, terdapat fitur Adaptive Sound yang dapat melacak dan berpindah antar-speaker, untuk menyesuaikan suara dengan pergerakan di layar secara presisi.

Pada QN900B, semua suara hadir dari sistem audio 6.2.4 channel 90 W, yang terdiri dari top channel speakers terbaru, dan Dolby Atmos dengan Object Tracking Sound Pro.

Teknologi ini juga telah diterapkan pada pengenalan suara dengan Voice Tracking Sound, sehingga efek suara dan percakapan benar-benar mengikuti pergerakan di layar.

Selain itu, Samsung juga menyematkan fitur Wireless Dolby Atmos ke TV Neo QLED 4K dan 8K-nya, sehingga kualitas audio yang murni tanpa keruwetan kabel HDMI.

Smart Hub

Lini TV Neo QLED 8K 2022 ini juga memiliki antarmuka Smart Hub baru dengan OS Tizen. Terdapat Tab baru untuk mengklasifikasikan fitur, setting, dan konten, ke dalam tiga kategori, yaitu Media, Gaming Hub, dan Ambient.

Media mengatur opsi video on demand, streaming, dan Samsung TV Plus, dengan lebih dari 190 channel gratis, dan mempelajari preferensi pengguna menggunakan machine learning untuk membuat rekomendasi cerdas di semua platform dan layanan.

Gaming Hub adalah platform pencarian game streaming baru, tanpa perlu men-download game. Bermitra dengan Nvidia GeForce NOW, Stadia dan Utomik, Samsung membawa koleksi game mereka ke Gaming Hub.

Platform baru ini akan tersedia di kemudian hari dalam tahun ini, pada model Samsung Smart TV 2022 tertentu

Sementara Ambient meningkatkan estetika rumah, baik dengan cara menyinkronkan tampilan layar dengan dekorasi sekitarnya, ataupun menarik perhatian dengan menampilkan seni yang eye-catching.

Fitur lain, Samsung bermitra dengan Nifty Gateway, untuk mengeksplorasi dan menampilkan karya digital NFT di jajaran Neo QLED dan QLED TV 2022.

Untuk ketersediaan, Smart TV Neo QLED 8K 2022 ini baru tersedia secara global. Samsung belum mengungkap kapan TV ini bakal meluncur di Indonesia, begitu juga dengan harganya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Samsung #Kenalkan #Smart #Neo #QLED #Dukung #Stadia #dan #NFT #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts