Kenapa Berat Badan Kita Bisa Naik Saat Puasa?

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Puasa tidak menjamin penurunan berat badan, justru tidak sedikit orang mengalami berat badan naik setelah menjalani puasa Ramadhan.

Mengutip Pop Sugar, banyak orang menemukan manfaat dari puasa, termasuk mencegah penyakit, perbaikan pencernaan, mengurangi kembung hingga menurunkan berat badan.

Namun, untuk menurunkan berat badan tidak terlalu diyakini oleh para ahli.

Berikut ada beberapa kesalahan dalam berpuasa yang justru bisa membuat berat badan naik:

1. Makan terlalu banyak selama berbuka puasa

Mengutip Pop Sugar, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa puasa dapat bermanfaat untuk menurunkan berat badan, tetapi bisa juga sebaliknya.

Whitney English Tabaie, ahli gizi terdaftar dan bersertifikat NASM mengatakan bahwa jika kita makan berlebihan selama buka puasa justru dapat membuat berat badan naik.

Gejala sembelit penting dikenali untuk mendukung upaya diagnosis dini dan pengobatan sesegera mungkin gangguan pencernaan ini.

Puasa dapat menurunkan berat badan karena waktu makan dan kecenderungan jumlah asupan kalori yang dimakan berkurang.

Namun jika jumlah asupan kalori sehari saat buka puasa sama besarnya atau bahkan lebih besar dari hari biasa, maka yang terjadi adalah berat badan naik.

Tabaie meyakini puasa untuk menurunkan berat badan tidak berlaku untuk semua orang, karena adanya kebiasaan melampiaskan rasa lapar saat waktu berbuka tiba.

Ia menyebutnya sebagai “pesta makan berlebihan”, yang efeknya kontraproduktif dengan upaya penurunan berat badan.

#Kenapa #Berat #Badan #Kita #Bisa #Naik #Saat #Puasa

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts