Usai Dilantik, Bawaslu Gelar Pleno untuk Pilih Ketua

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Puadi mengatakan, pihaknya akan menggelar rapat pleno untuk menentukan siapa Ketua Bawaslu periode 2022-2027.

Read More

Rapat pleno digelar di Kantor Bawaslu, Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (12/4/2022) sore.

“Baru saja kita dilantik. Satu atau dua jam ke depan kita akan pleno untuk melakukan pemilihan ketua,” ujar Puadi usai pelantikan anggota KPU-Bawaslu periode 2022-2027 di Istana Negara, Selasa.

Selain itu, rapat tersebut juga akan menentukan siapa saja koordinator wilayah dan koordinator setiap divisi di Bawaslu.

“Agar kita bisa jadi suatu pegangan untuk langkah-langkah ke depannya,” tuturnya.

Puadi melanjutkan, terkait persiapan pengawasan Pemilu 2024 pihaknya sudah banyak berkoordinasi dengan DPR dan pemerintah.

“Tentunya kita akan menjalankan sebagaimana prinsip penyelenggaraan (pengawasan) Pemilu,” tambahnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo melantik lima orang anggota Bawaslu periode 2022-2027 di Istana Negara.

Kelima orang anggota tersebut yakni Lolly Suhenty, Puadi, Rahmat Bagja, Totok Haryono dan Herwyn Jefler Hielsa Malonda.

Adapun pelantikan lima orang itu berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 34P Tahun 2022 Tentang Pemberhentain dan Pengangkatan Anggota Bawaslu yang dibacakan oleh Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretariat Negara, Nanik Purwanti.

Selain Bawaslu, Presiden Jokowi juga melantik tujuh orang anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) berdasaekan Surat Keputusan Presiden Nomor 33P Tahun 2022 Tentang Pemberhentain dan Pengangkatan Anggota KPU.

Ketujuh anggota tersebut yakni Betty Epsilon Idroos, Hasyim Asy’ari, Mochammad Afifuddin, Parsadaan Harahap, Yulianto Sudrajat, Idham Holik dan August Mellaz.

Adapun mereka yang dilantik hari ini merupakan nama yang telah lolos serangkaian tahapan seleksi anggota KPU dan Bawaslu Periode 2022-2027 dan sudah ditetapkan DPR pada 18 Februari 2022.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Usai #Dilantik #Bawaslu #Gelar #Pleno #untuk #Pilih #Ketua #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts