Arti Warna Jalan Biru, Hijau, Abu-abu, Kuning, dan Merah di Google Maps

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Google Maps merupakan aplikasi peta dan navigasi yang cukup populer digunakan saat ini. Direktori wilayah dan informasi lalu lintas yang cukup lengkap, membuat Google Maps jadi pilihan pengguna untuk bepergian.

Pada peta dalam Google Maps, terdapat warna jalan yang memudahkan pengguna untuk menentukkan rute perjalanan. Bagi Anda yang kerap menggunakan Google Maps, mungkin tak asing lagi pada warna jalan tersebut.

Setidaknya terdapat lima warna jalan di Google Maps, yang meliputi warna jalan biru, hijau, abu-abu, kuning, dan merah. Kelima warna tersebut menjadi simbol untuk menandakan kondisi lalu lintas di jalan.

Kendati mungkin terbiasa melihat warna jalan di Google Maps tersebut, namun tahukah masing-masing artinya? Tiap warna jalan di peta Google Maps memiliki arti yang berbeda sesuai dengan kondisi lalu lintasnya, bisa macet ataupun lancar.

Untuk lebih lengkapnya, berikut penjelasan arti warna jalan di Google Maps, sebagaimana dilansir halaman dukungan resmi Google.

1. Jalan warna hijau

Jalan warna hijau di Google Maps memiliki arti bahwa kondisi lalu lintasnya tidak terdapat kemacetan atau hambat, dengan kata lain lalu lintas berjalan lancar. Pada warna jalan ini, kendaraan diindikasi dapat melaju dengan kecepatan sekitar 80 kilometer per jam (Kpj)

2. Jalan warna kuning

Jalan warna kuning di Google Maps memiliki arti bahwa terdapat kondisi lalu lintas yang cukup padat, namun masih ada jarak antar kendaraan yang melintas. Pada warna jalan ini, kendaraan diindikasi dapat melaju dengan kecepatan sekitar 40-80 Kpj.

3. Jalan warna merah

Jalan warna merah di Google Maps memiliki arti bahwa terdapat kondisi lalu lintas yang padat, jarak antar kendaraan berhimpitan dan lajunya macet. Semakin gelap warna merah yang muncul di Google Maps, semakin lambat kecepatan kendaraan di jalan tersebut.

KOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi warna jalan di Google Maps. (1) Jalan warna merah, (2) jalan warna hijau, dan (3) jalan warna kuning

4. Jalan warna biru

Kemudian, arti jalan warna biru di Google Maps adalah jalur atau rute yang Anda pilih untuk menuju ke lokasi tertentu, saat memulai navigasi. Jalan warna biru juga biasanya menjadi penanda rute tercepat untuk sampai ke lokasi tujuan.

5. Jalan warna abu-abu

Terakhir, arti jalan warna abu-abu di Google Maps adalah jalur atau rute alternatif yang bisa Anda pilih untuk menuju ke lokasi tertentu, saat memulai navigasi. Google Maps biasanya memberikan opsi jalur lain yang bisa ditempuh di samping rute tercepat.

Ilustrasi warna jalan di Google Maps. (1) Jalan warna abu-abu dan (2) jalan warna biru.KOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi warna jalan di Google Maps. (1) Jalan warna abu-abu dan (2) jalan warna biru.

Perlu diketahui, warna jalan biru dan abu-abu hanya akan muncul saat Anda telah mengatur Google Maps untuk menunjukkan arah ke lokasi tujuan.

Sementara tiga warna jalan lainnya, bisa di langsung dilihat tanpa harus mengatur navigasi dulu. Caranya ketuk ikon persegi di aplikasi Google Maps, kemudian pilih opsi jenis peta kondisi lalu lintas. Itulah lima arti warna jalan di Google Maps, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Arti #Warna #Jalan #Biru #Hijau #Abuabu #Kuning #dan #Merah #Google #Maps #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts