Tak Tunggu Jelang Lebaran, Sejumlah Warga Putuskan Mudik pada Libur Panjang Akhir Pekan Ini

  • Whatsapp

TANGERANG, KOMPAS.com – Sejumlah warga memanfaatkan libur panjang akhir pekan ini untuk mudik.

Read More

Mereka menggunakan pesawat dari Bandara Soekarno-Hatta, Kota Tangerang, untuk pulang ke kampung halamannya.

Seperti diketahui, Jumat (15/4/2022) merupakan hari libur nasional.

Seorang calon penumpang pesawat bernama Frinelda mengaku hendak mudik ke Pontianak, Kalimantan Barat. Ia berencana menetap di kampungnya hingga Lebaran mendatang.

“Iya, mudik, liburan. (Rencana di Pontianak) sampai Lebaran,” paparnya saat ditemui, Kamis (14/4/2022).

Pada Kamis ini, ia hendak berangkat menggunakan maskapai Super Air Jet dari Terminal 1.

Frinelda bakal kembali ke Jakarta sekitar 20 Mei 2022. Santri berusia 19 tahun tersebut memutuskan mudik jauh-jauh hari sebelum Lebaran karena saat ini memang sudah libur.

Setiap tahun, ia biasa pulang kampung saat libur Lebaran. Menurut Frinelda, mudik tahun ini jauh lebih ramai dibandingkan dengan mudik tahun 2021.

“Tahun sekarang sudah ramai, sudah kayak biasa lagi. Kalau tahun lalu benar-benar enggak seramai ini,” kata dia.

Calon penumpang lain, Eli, juga rencananya hendak mudik ke Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Namun, tiket pesawat menuju Lombok dari Bandara Soekarno-Hatta pada Kamis ini sudah habis. Eli akhirnya memutuskan untuk berangkat mudik pada Jumat besok.

“Hari ini tujuannya mau pulang mudik secepat-cepatnya. Mau pulang mudik tapi tiket enggak ada (habis), banyak orang balik mudik gitu jadi tiket terhalang ini. Besok pagi baru balik ke kampung,” kata Eli.

Eli mengaku sudah tiga tahun tidak mudik Lebaran. Selama pandemi Covid-19, Eli memilih menetap di perantauan.

Lantaran mudik Lebaran sudah diizinkan oleh pemerintah pada tahun ini, Eli memutuskan untuk pulang kampung.

“Ya kan sekarang ada keringanan ya. Dulu-dulu kan masih sulit untuk balik ke kampung, kalau sekarang kan enggak,” sebut Eli.

Sebagai informasi, berdasarkan aturan terkini, penumpang pesawat domestik dari Bandara Soekarno-Hatta yang sudah divaksinasi booster tak perlu membawa hasil tes Covid-19.

Sementara itu, penumpang domestik yang baru divaksinasi Covid-19 dosis kedua wajib membawa hasil negatif tes PCR yang sampelnya diambil 3 hari sebelum keberangkatan atau hasil negatif tes antigen yang sampelnya diambil dalam waktu 1×24 jam sebelum keberangkatan.

Penumpang pesawat dengan kondisi kesehatan khusus atau memiliki penyakit komorbid yang membuatnya tidak bisa divaksinasi Covid-19 wajib membawa hasil negatif tes PCR dan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Tak #Tunggu #Jelang #Lebaran #Sejumlah #Warga #Putuskan #Mudik #pada #Libur #Panjang #Akhir #Pekan #Ini #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts