Ingin Jadi Peserta Pemilu 2024, Partai Ummat Targetkan Satu Caleg di Tiap Dapil

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Partai Ummat berambisi untuk bisa menjadi partai peserta Pemilu 2024.

Read More

Ketua Umum Partai Ummat Ridho Rahmadi menyampaikan, pihaknya berharap partai yang baru didirikan setahun lalu tersebut bisa mengisi kursi-kursi DPR.

Bahkan, ia berharap keterwakilan Partai Ummat di DPR bisa mencapai tiga hingga lima besar.

Untuk mencapai target tersebut, Ridho menargetkan ada satu calon legislatif dari Partai Ummat di setiap daerah pemilihan di Indonesia pada Pemilu 2024.

“Kita proyeksi satu dapil, satu anggota legislatif. Dengan proyeksi semacam itu insya Allah bisa masuk lima atau bahkan tiga besar,” ujar Ridho saat ditemui usai perayaan Milad Partai Ummat yang ke-1 di Jakarta, Minggu (17/4/2022).

Adapun beberapa syarat parpol untuk menjadi peserta pemilu yakni memiliki kepengurusan di seluruh Indonesia, 75 persen jumlah kabupaten/kota di provinsi yang bersangkutan, dan 50 persen jumlah kecamatan di kabupaten/kota yang bersangkutan.

Selain itu, memiliki anggota sekurang-kurangnya 1.000 orang atau 1/1.000 dari jumlah penduduk pada kepengurusan parpol kabupaten/kota, dibuktikan dengan kepemilikan KTA dan KTP elektronik.

“Kita menginisiasi program pencalegan dini. Itu sudah berjalan tahap satu, sekarang masuk tahap dua. Karena dari caleg-caleg ini ada target-target untuk mencari anggota, nanti sebenarnya berdampak langsung ke syarat administrasi menjadi peserta pemilu,” ujar Ridho.

Partai Ummat didirikan oleh mantan Ketua MPR yang juga eks politisi Parti Amanat Nasional (PAN) Amien Rais.

Pembentukan Partai Ummat bahkan berawal dari kerenggangan hubungan Amien dengan partai berlambang matahari putih itu. Di Partai Ummat, Amien menjabat sebagai Ketua Majelis Syuro.

Partai Ummat mendapatkan SK resmi dari Kemenkumham pada 20 Agustus 2021.

Partai Ummat pun menargetkan pemilih dari kelompok loyalis Amien Rais dan generasi milenial agar dapat lolos ke Parlemen melalui Pemilu 2024.

“Kami Insya Allah ada ceruk di situ, melalui loyalis-loyalis Amien Rais ataupun orang-orang yang merasa platformnya sama dengan perjuangan Partai Ummat,” kata Ridho Rahmadi, saat ditemui di Kantor DPP Partai Ummat, Jakarta, Jumat (22/10/2021).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Ingin #Jadi #Peserta #Pemilu #Partai #Ummat #Targetkan #Satu #Caleg #Tiap #Dapil #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts