PT SMI Gelontorkan Pembiayaan Rp 27 Triliun ke Pemda pada Kuartal 1-2022

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Perusahaan pembiayaan infrastruktur PT Sarana Multi Infrastruktur atau SMI mencatatkan pertumbuhan pembiayaan kepada pemerintah daerah (Pemda) mencapai Rp 27 triliun pada kuartal-1 2022. Jumlah ini meningkat sebanyak 132,2 persen dari capaiannya pada periode yang sama tahun lalu.

Direktur Utama PT SMI Edwin Syahruzad mengatakan, saat ini pembiayaan yang dilakukan PT SMI dibagi menjadi dua. Pertama, pembiayaan kepada perusahaan dan kedua yakni pembiayaan kepada pemerintah daerah.

Edwin memaparkan, perusahaan akan melakukan refocusing pelelolaan pembiayaan kepada pemerintah daerah (Pemda) pada 2022.

Dengan demikian, mulai tahun 2022 pembiayaan kepada pemerintah daerah itu ditangani oleh direktorat sendiri.

“Kontribusi Rp 27 triliun pinjaman ke pemerintah daerah ini mencakup 34 persen dari seluruh portofolio pembiayaan SMI. Dengan kata lain, kondisi PT PMI dapat disimpulkan berangsur membaik,” kata dia dalam konferensi pers Kamis (21/4/2022).

Edwin bilang, aktivitas yang jadi penggerak dari pembiayaan ke pemerintah daerah memang didominasi oleh aktivitas pinjaman program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

“Jadi kalau dilihat sekarang, aktivitas pembiayaan ke pemerintah daerah ini menjadi sumber pertumbuhan di tengah situasi yang masih kurang menentu, khususnya situasi yang dialami oleh korporasi-korporasi yang menjadi andalan pembangunan infrastruktur di Indonesia,” papar dia.

Ia menambahkan, di akhir Maret 2022, sebaran pembiayaan infrastruktur kepada pemerintah daerah didominasi oleh pembiayaan ke luar Pulau Jawa. Ia mencatat, sekurang-kurangnya pembiayaan di luar Pulau Jawa mencapai 63 persen.

Menurut catatannya, pembiayaan di luar Pulau Jawa juga mengalami pertumbuhan. Ia bilang, pembiayaan di luar Pulau Jawa masih sekitar 55 persen pada 2020.

Dengan itu, ia yakin keberpihakan PT SMI sejalan dengan aktivitas pinjaman kepada pemerintah daerah. Di sisi lain, pemerintah daerah yang menggunakan fasilitas PEN ini juga semakin tersebar di luar Pulau Jawa.

“Kalau di 2020 banyak aktivitas PEN penarikannya di daerah Jawa. Namun, di tahun 2021 dan 2022 saya rasa luar Jawa menjadi sumber pertumbuhan, khususnya dari pembiayaan kepada pemerintah daerah,” tutupnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#SMI #Gelontorkan #Pembiayaan #Triliun #Pemda #pada #Kuartal #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts