2 Bahaya Kaki Bengkak saat Hamil yang Perlu Diwaspadai

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Para orangtua yang tengah menantikan kelahiran buah hatinya perlu mengenali bahaya kaki bengkak saat hamil.

Seperti diketahui, kaki bengkak saat hamil umumnya normal karena dipengaruhi perubahan tubuh selama kehamilan.

Dilansir dari laman resmi American Pregnancy Association, penyebab kaki bengkak saat hamil berasal dari peningkatan volume cairan dan darah di dalam tubuh.

Kondisi alamiah ini terjadi untuk menunjang tumbuh kembang janin di dalam kandungan.

Selain itu, cairan ekstra juga berfungsi sebagai persiapan sendi panggul dan jaringan tubuh untuk membuka jalan lahir.

Dilansir dari Healthline, kaki bengkak saat hamil ini biasanya mulai terasa ketika usia kandungan memasuki bulan kelima dan semakin sering di trimester akhir kehamilan.

Ciri-ciri kaki bengkak saat hamil yang normal ini biasanya tidak terlalu parah, muncul tidak tiba-tiba, dan tidak disertai gejala lainnya.

Di luar itu, ada kemungkinan penyebab kaki bengkak pada ibu hamil berasal dari masalah kesehatan tertentu yang potensial bahaya dan perlu diwaspadai.

Bahaya kaki bengkak saat hamil yang perlu diwaspadai yakni komplikasi kehamilan preeklamsia dan pembekuan darah. Berikut penjelasannya:

Preeklamsia adalah kondisi ketika ibu hamil memiliki tekanan darah tinggi, terdapat protein dalam urine, beberapa bagian tubuh membengkak, termasuk bagian kaki.

#Bahaya #Kaki #Bengkak #saat #Hamil #yang #Perlu #Diwaspadai

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts