Survei Indikator: Eelektabilitas Ganjar Pranowo 26,7 Persen, Salip Prabowo Subianto

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mendapat suara terbanyak jika pemilihan presiden digelar saat ini.

Read More

Ini menjadi temuan survei Indikator Politik Indonesia yang dirilis pada Selasa (26/4/2022).

“Dari survei yang kami rilis, Ganjar Pranowo mulai menempati peringkat pertama, menyalip Pak Prabowo (Subianto). Survei kedua saat itu kami rilis, itu masih Pak Prabowo unggul tipis,” kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi, dalam konferensi pers daring, Selasa.

Dalam survei simulasi 19 nama semi terbuka, Ganjar mendapat dukungan terbanyak yakni 26,7 persen.

Ia mengungguli Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang mendapat 23,9 persen suara. Lalu, di peringkat ketiga ada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan 19,4 persen.

Sementara, peringkat keempat diisi oleh Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwal Kamil. Meski mengekor Anies, suara Ridwan Kamil terpaut jauh yakni 3,5 persen.

Setelahnya, ada Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY (3,2 persen), Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno (2,4 persen), Menteri BUMN Erick Thohir (2,4 persen), dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (1,9 persen).

Lalu, Menteri Sosial Tri Rismaharini (1,3 persen), diikuti Ketua DPR RI Puan Maharani (1,1 persen), Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD (0,7 persen), Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (0,5 persen), dan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar (0,5 persen).

Meski meraih elektabilitas tertinggi, Ganjar ternyata tidak lebih dikenal masyarakat ketimbang Prabowo Subianto.

Menurut survei, 98,1 persen responden tahu sosok Prabowo. Namun, dari yang mengenal Prabowo, hanya 76 persen yang mengaku suka pada sosok tersebut.

Selanjutnya, 88 persen responden mengaku tahu sosok Anies Baswedan. Tetapi, hanya 77,1 persen yang mengaku suka pada Anies.

Kemudian, 76 persen responden mengaku tahu sosok Sandiaga Uno. Sedangkan responden yang mengaku suka pada Sandiaga angkanya lebih besar, yakni 89 persen.

Adapun yang mengaku tahu sosok Ganjar Pranowo sebesar 72,9 persen. Sementara responden yang suka pada Ganjar sebesar 86,2 persen.

Untuk diketahui, survei ini digelar pada 14-19 April 2022. Survei dilakukan menggunakan metode multistage random sampling dengan 1.200 responden yang diwawancara secara tatap muka langsung.

Sementara, margin of error survei kurang lebih sekitar 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Survei #Indikator #Eelektabilitas #Ganjar #Pranowo #Persen #Salip #Prabowo #Subianto #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts