Informasi Terbaru Mudik Lebaran 29 April: One Way Tol Japek sampai Besok | Tarif Tol Gratis Saat Macet Belum Berlaku

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Arus mudik ke berbagai daerah, terutama akses darat via jalan tol sudah dipenuhi oleh kendaraan pemudik sejak Kamis (28/4/2022).

Read More

Sebagaimana diberitakan, puncak arus mudik Lebaran 2022 akan terjadi pada Jumat (29/4/2022) dan Sabtu (30/4/2022).

Berbagai informasi seputar mudik hari ini adalah mengenai aturan one way, kondisi antrean pemudik yang akan menyeberang Pelabuhan Merak dan juga mengenai tol gratis saat macet yang belum berlaku.

Informasi terbaru mudik Lebaran 29 April 2022

Berikut ini update informasi seputar kabar mudik Lebaran 2022 hingga Jumat (29/4/2022) malam:

1. One way Japek dimulai dari Km 70

Update informasi pertama adalah mengenai adanya perubahan pola rekayasa lalu lintas one way dan ganjil genap (gage) dari Tol Jakarta-Cikampek menuju Gerbang Tol Kalikangkung.

Sebelumnya, rekayasa lalu lintas one way dan gage di Tol Japek dimulai pada Km 47, namun kemudian saat ini dimulai di Km 70.

“Saat ini sedang proses pemunduran pintu masuk one way, dari Km 47 ke Km 70,” kata Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Aan Suhanan dikutip dari , Jumat (29/4/2022).

Perubahan dilakukan agar arus kendaraan dari arah Bandung ke Jakarta yang sempat tertahan di Dawuan bisa melintas dengan lancar.

Selain itu kepolisian juga menerapkan skema contraflow mulai Km 47 hingga Km 70.

Hal ini dilakukan karena arus dari Jakarta mulai melandai.

2. Kebijakan one way di tol Cikampek sampai besok

KOMPAS.COM/FARIDA Antrean kendaraan masuk Rest Area Kilometer 57 tol Jakarta-Cikampek, Jumat (29/4/2022) pukul 18.30 WIB.

Perlu diketahui, penerapan skema one way di titik Gerbang tol Cikampek Utama (GT Cikatama) Km 70 hingga GT Kalikangkung Km 414 akan diberlakukan Jumat (29/4/2022) malam hingga Sabtu (30/4/2022) pukul 08.00 WIB.

Dikutip dari Jumat (29/4/2022), sebelumnya kebijakan ini hanya diberlakukan sampai pukul 24.00 WIB saja.

Namun pemberlakuan skema ini sampai besok (Sabtu) akan diterapkan guna mengurai kepadatan masa arus mudik.

3. Antrean menuju Merak

Pemudik masih terpantau memadati Pelabuhan hingga Gerbang Tol Merak pada Jumat (29/4/2022) pukul 17.00 WIB.

Dikutip dari , Jumat (29/4/2022) antrean kendaraan sudah terjadi sejak Km 94 Tol Tangerang-Merak hingga di area dalam pelabuhan.

Kondisi di kantong-kantong parkir di 7 dermaga dan loket pemeriksaan tiket di Pelabuhan Merak, juga terpantau dipadati kendaraan yang didominasi roda empat atau kendaraan pribadi.

Adapun para penumpang ada yang menunggu masuk kapal 3-9 jam.

Data sejak 22-29 April, tercatat sudah 422.804 orang dengan rincian 401.581 orang di dalam kendaraan dan pejalan kaki sebanyak 21.223 orang.

Total ada 100.963 kendaraan yang meninggalkan pulau Jawa melalui Pelabuhan Merak, Banten.

4. Macet panjang tarif tol gratis belum berlaku

Sejumlah kendaraan mengantre untuk naik ke atas kapal di Pelabuhan Merak, Banten, Jumat (29/4/2022). Dalam puncak arus mudik di Pelabuhan Merak, ribuan kendaraan terjebak kemacetan hingga Cilegon Barat atau sekitar 10 km baik di jalur tol maupun jalur jalan arteri. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay.Akbar Nugroho Gumay Sejumlah kendaraan mengantre untuk naik ke atas kapal di Pelabuhan Merak, Banten, Jumat (29/4/2022). Dalam puncak arus mudik di Pelabuhan Merak, ribuan kendaraan terjebak kemacetan hingga Cilegon Barat atau sekitar 10 km baik di jalur tol maupun jalur jalan arteri. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay.

Kebijakan tarif tol gratis saat macet panjang rupanya saat ini belum diterapkan.

Dikutip dari , Jumat (29/4/2022) Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati mengatakan, bahwa kebijakan tarif tol gratis bakal diterapkan jika kemacetan terjadi persis di pintu tol.

Adapun kemacetan yang terjadi belakangan seperti di Tol Cipali adalah kemacetan yang disebabkan adanya kepadatan kendaraan di rest area.

“Sampai saat ini diskresi itu belum diimplementasikan, karena dilihat bahwa kejadian kemacetan ini lebih banyak terjadi akibat limpahan dari beberapa hambatan di ruas-ruas tol yang ada di depan,” kata Adita.

Kemacetan di pintu tol yang memungkinkan tarif tol digratiskan menurutnya biasanya disebabkan oleh adanya kendaraan dengan saldo kartu e-toll yang tidak mencukupi.

Selain itu adanya permasalahan pada mesin pembaca kartu e-toll, juga bisa karena kurangnya petugas.

Menurutnya, keputusan pemberlakukan tarif tol gratis diterapkan sesuai diskresi pihak Kepolisian.

Adita menekankan, saat ini kebijakan tarif tol gratis tidak diterapkan karena sejauh ini operatol tol dinilai mampu untuk melakukan berbagai upaya agar tidak terjadi kepadatan panjang di gerbang tol.

“Jadi diskresi tentang penggratisan tol ini belum juga dilakukan, karena dilihat dalam hal ini operator masih melakukan upaya yang maksimal untuk memperlancar pembayaran di gerbang tol,” ungkapnya.

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo
Infografik: Aturan dan Larangan di Jalan Tol

(Sumber: Kompas.com/Yohana Artha Uly, Rahel Narda Chaterine, Rasyid Ridho, Ardiansyah Fadli | Editor: Yoga Sukmana, Irfan Maullana, Ardi Priyatno Utomo, Muhdany Yusuf Laksono)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Informasi #Terbaru #Mudik #Lebaran #April #Tol #Japek #sampai #Besok #Tarif #Tol #Gratis #Saat #Macet #Belum #Berlaku #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts