Tanggal 4 Mei Memperingati Hari Apa?

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Tanggal 4 Mei 2022 jatuh pada hari Rabu. Tanggal 4 Mei diperingati sebagai hari pemadam kebakaran internasional.

Selain itu, tanggal 4 Mei juga diperingati sebagai hari lain. Berikut peringatan dan perayaan yang jatuh pada tanggal 4 Mei 2022:

Hari pemadam kebakaran juga dikenal dengan international fire day atau firefighter’s day. Hari pemadam kebakaran internasional diperingati setiap tanggal 4 Mei setiap tahunnya.

Hari pemadam kebakaran ditetapkan sejak tahun 1999 setelah lima petugas pemadam kebakaran tewas secara tragis selama kebakaran hutan di Australia. Petugas tersebut adalah Matthew Armstrong, Jason Thomas, Stuart Davidson, Chris Evans, dan Gary Vredeveldt.

Kecelakaan disebabkan karena arah angin yang berubah secara tiba-tiba dan menelan mereka dalam kobaran api. Hari pemadam kebakaran internasional jatuh pada 4 Mei karena itu adalah hari kelahiran Santo Florian.

Santo Florian adalah salah satu petugas pemadam kebakaran pertama dari batalion Romawi yang menyelamatkan banyak nyawa.

Peringatan hari pemadam kebakaran internasional bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya yang dihadapi petugas pemadam kebakaran selama bekerja.

Merayakan hari pemadam kebakaran dapat dilakukan dengan cara menyumbangkan uang ke salah satu badan amal pemadam kebakaran untuk membantu pengobatan petugas pemadam kebakaran yang terluka saat menjalankan tugas.

Hari pemuda di china ditetapkan sejak 4 Mei 1939. Pada 4 Mei 1939, Mao Zedong menghadiri konferensi pemuda Yan’an untuk memperingati 20 tahun gerakan 4 Mei dan menyampaikan pidato berjudul arah gerakan pemuda.

Pidato Mao Zedong menjelaskan objek, subjek, dan sifat revolusi China. Tujuan revolusi menggunakan konsep revolusi demokratik rakyat yang memiliki arti sama dengan revolusi demokratik baru.

Mao Zedong meminta para intelektual muda dan pelajar muda China untuk pergi ke massa buruh tani, memobilisasi, dan mengorganisir massa buruh tani yang menyumbang 90 persen dari populasi negara.

Asosiasi Keselamatan Pemuda Barat Laut Yan’an menetapkan 4 Mei sebagai hari pemuda. Di hari yang sama, Liga Pemuda Tiga Kuomintang juga menetapkan 4 Mei 1939 sebagai hari pemuda pertama.

Hari Buda Kliwon Gumbreg

Buda Kliwon Gumbreg dirayakan setiap enam bulan sekali. Buda Kliwon Gumbreg merupakan pertemuan antara Saptawara Buda, Pancawara Kliwon, dan Wuku Gumbreg. Hari Buda Kliwon Gumbreg sangat bernuansa sakral dan keramat bagi umat Hindu.

Buda Kliwon Gumbreg diyakini sebagai hari pasucian Hyang Nirmala Jati. Banten atau wali yang dihaturkan akan sesuai dengan Desa Kala Patra di masing-masing daerah.

Pada umumnya, sesajen yang dihaturkan berupa dampulan yang dilengkapi dengan canang atau bunga wangi-wangian.

 

Referensi

  • Rahmawati, Nina. 2020. Hari-hari Penting Internasional. Yogyakarta: Laksana

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Tanggal #Mei #Memperingati #Hari #Apa #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts