Wisatawan ke Pulau Seribu Melonjak, Warga Rela Antre Sejak Malam agar Dapat “Speedboat”

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Antusiasme warga untuk melancong ke Kepulauan Seribu selama pekan libur Lebaran sangat tinggi.

Read More

Terhitung Rabu (4/5/2022), Pelabuhan Kaliadem, Muara Angke, telah memberangkatkan 3.344 penumpang atau 80,37 persen dari total kapasitas angkut 23 kapal yang beroperasi hari ini.

Jumlah tersebut terus melonjak dibandingkan Senin (2/5/2022) sebanyak 1.568 orang dan Selasa (3/5/2022) 2.025 orang.

Kepala Pelabuhan Muara Angke, Unit Penyelenggara Pelabuhan Daerah (UPPD) I Dishub DKI Jakarta, Ahmad Ghozali mengonfirmasi bahwa ada 18-19 kapal tradisional yang berangkat ke Kepulauan Seribu setiap paginya, selain 3-4 kapal cepat/speedboat milik Dishub DKI.

Dia mengatakan, warga rela antre untuk mendapatkan tiket kapal cepat yang masing-masing hanya berkapasitas 48 penumpang itu.

“Kalau kapal Perhubungan itu sudah sejak semalamnya (calon penumpang) sudah menginap,” kata Ghozali, kepada Kompas.com, pada Rabu.

“Padahal, pembagian nomor antrean pukul 05.00 dan penjualannya pada pukul 06.00 dan 06.30,” kata dia.

Masing-masing kapal cepat ini memiliki rute sendiri. Rute pertama bertujuan Pulau Untung Jawa, Payung, dan Tidung.

 

Rute kedua tujuan Pulau Pari, Pramuka, dan Panaggang. Lalu, rute 3 tujuan Pulau Kelapa dan Sabira.

Kapal-kapal ini jadi incaran pelancong karena dapat mencapai tujuan 30-60 menit lebih cepat ketimbang kapal tradisional.

Selain itu, ongkosnya juga lebih murah. Ambil contoh, rute menuju Pulau Pramuka yang seharusnya bertarif Rp 54.000, mengalami potongan hingga 50 persen merujuk pada Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 61 Tahun 2020 tentang Keringanan Retribusi.

“Tapi, rata-rata wisatawan tetap menggunakan kapal tradisional karena kapal Perhubungan hanya 48 penumpang per kapal. Kapal tradisional ada yang kapasitas 100, 150, hingga 200,” ujar dia.

Ia mengimbau, wisatawan datang ke pelabuhan lebih awal karena seluruh kapal lepas sauh pada pagi hari. Terlebih, semua tiket harus dipesan di tempat.

“Tidak ada yang berangkat sore,” kata Ghozali.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Wisatawan #Pulau #Seribu #Melonjak #Warga #Rela #Antre #Sejak #Malam #agar #Dapat #Speedboat #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts