Catat, Ini Jadwal Masuk Sekolah Terbaru di DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Pemerintah melakukan sejumlah langkah antisipasi kemacetan yang diprediksi akan terjadi saat arus mudik Lebaran 2022.

Read More

Salah satu upaya yang dilakukan yakni dengan memperpanjang masa libur sekolah di wilayah Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta, Jawa Barat (Jabar), dan Banten.

Dilansir dari kemenkopmk.go.id, para pelajar di ketiga provinsi itu akan mendapat tambahan libur sekolah selama tiga hari.

Kebijakan penambahan waktu libur siswa ini dirilis Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) setelah berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten.

Sedianya, libur sekolah untuk siswa di DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten akan berakhir pada Minggu, 8 Mei 2022 dan kembali masuk pada Senin, 9 Mei 2022.

Dengan adanya kebijakan tersebut, maka para pelajar akan masuk sekolah pada Kamis, 12 Mei 2022.

Berikut jadwal masuk sekolah terbaru di DKI Jakarta, Jabar, dan Banten:

Kompas.com/MITA AMALIA HAPSARI Pembelajaran Tatap Muka dengan kapasitas 100 persen di SMA 78 Jakarta dimulai hari ini, Kamis (7/4/2022).

Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta memastikan proses pembelajaran tatap muka (PTM) setelah libur Lebaran 2022 akan digelar mulai Kamis (12/5/2022).

Kasubag Humas Disdik DKI Jakarta, Taga Radja mengatakan, jadwal masuk sekolah mengikuti ketentuan yang tertuang dalam Surat Edaran nomor 13504/1.851 tentang Kegiatan Akhir Tahun Pelajaran 2021/2022.

Pada poin keenam aturan itu dijelaskan, libur Lebaran sekolah di ibu kota dimulai pada Jumat, 29 April 2022 hingga Rabu, 11 Mei 2022.

“Semua sekolah, semua satuan pendidikan masuk lagi 12 Mei,” ucap Taga, dikutip dari Tribun Jakarta, Jumat (6/5/2022).

Ia juga menegaskan, jadwal libur Lebaran juga sesuai dengan kalender pendidikan yang sebelumnya sudah disusun pada awal tahun ajaran 2021/2022.

“Memang tidak ada kemunduran atau kemajuan, karena memang sudah ditetapkan tanggal segitu. Dari awal (libur Lebaran) mulai 29 April sampai 11 Mei sesuai dengan rencana kalender pendidikan,” sambungnya.

Jadwal masuk sekolah di Jawa Barat

Gelaran Pembelajaran Tatap Muka (PTM) 100 persen yang resmi digelar di Kota Bekasi mulai Senin, (4/4/2022). Meski gelaran PTM 100 sudah diizinkan, namun Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi tetap mengharuskan sekolah untuk menaati Protokol Kesehatan (Prokes). (KOMPAS.com/Joy Andre T). Joy Andre T Gelaran Pembelajaran Tatap Muka (PTM) 100 persen yang resmi digelar di Kota Bekasi mulai Senin, (4/4/2022). Meski gelaran PTM 100 sudah diizinkan, namun Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi tetap mengharuskan sekolah untuk menaati Protokol Kesehatan (Prokes). (KOMPAS.com/Joy Andre T).

Diberitakan Tribun Jabar, 4 Mei 2022, Dinas Pendidikan Jawa Barat pun telah mengeluarkan surat edaran terkait jadwal masuk sekolah setelah libur Lebaran.

Dalam surat edaran yang diterbitkan Disdik Jabar itu, peserta didik di Jabar akan kembali masuk sekolah pada Kamis, 12 Mei 2022.

Merujuk pada kalender pendidikan Jabar sebelumnya, siswa SMA, SMK, dan SLB, akan kembali masuk sekolah pada Rabu, 11 Mei 2022.

Bahkan, pada level SD dan SMP akan kembali masuk sekolah pada Senin, 9 Mei 2022 bersamaan dengan masuknya hari kerja setelah pascacuti bersama Idul Fitri.

Kepala Dinas Pendidikan Jabar, Dedi Supandi mengatakan, diundurnya jadwal masuk sekolah di Jabar setelah Lebaran dalam rangka menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Dalam rangka menindaklajuti arahan dari Bapak Presiden maka Disdik Jawa Barat telah menyebarkan edaran kepada kabupaten/kota. Sehingga kembali masuk sekolah pada 12 Mei 2022,” ujar Dedi Supandi.

Jadwal masuk sekolah di Banten

Suasana murid saat mengikuti pembelajaran tatap muka terbatas di SDN Tangerang 14, Kota Tangerang, Senin (14/3/2022).KOMPAS.com/MUHAMMAD NAUFAL Suasana murid saat mengikuti pembelajaran tatap muka terbatas di SDN Tangerang 14, Kota Tangerang, Senin (14/3/2022).

Terakhir, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Banten juga memutuskan untuk memperpanjang waktu libur Lebaran bagi jenjang SMA-SMK.

Kepala Disdikbud Banten, Tabrani mengatakan, keputusan untuk mengundur jadwal masuk SMA-SMK yang semula 9 Mei menjadi 12 Mei 2022 sesuai arahan dari pemerintah pusat untuk mengantisipasi kemacetan arus balik Lebaran.

“Ini (pengunduran masuk sekolah) kebijakan pusat, daerah perbatasan seperti DKI Jakarta, Banten. Pak Dirjen (PAUD Dikdasmen) mengarahkan agar masuk (sekolahnya) diundur menjadi tanggal 12 Mei,” kata Tabrani, dikutip dari .

Tabrani menjelaskan, kebijakan itu dibuat agar tidak terjadi kepadatan arus lalu lintas di wilayah Banten saat arus balik. Sehingga warga di wilayah Tangerang Raya, yakni Kabupaten Tangerang, Tangerang Selatan, Kota Tangerang pulang dari kampung halamannya tidak secara bersamaan.

“Jadi, kebijakan itu diharapkan dapat mengurangi kepadatan lalu lintas karena kepulangan serentak di tanggal 8 Mei,” ujar Tabrani.

Tabrani menambahkan, surat edaran terkait kebijakan tersebut sudah disebarluaskan melalui UPT Disdikbud Banten agar diteruskan kepada pihak sekolah untuk mengabarkan kepada para orangtua siswa dan anak didik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Catat #Ini #Jadwal #Masuk #Sekolah #Terbaru #DKI #Jakarta #Jawa #Barat #dan #Banten #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts