Arus Balik Lebaran 2022, sampai Kapan “One Way” di Tol Diberlakukan? Ini Kata Kakorlantas

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Puncak arus balik masa mudik Lebaran 2022 diperkirakan terjadi pada 6, 7, dan 8 Mei 2022.

Read More

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengimbau masyarakat yang melakukan perjalanan mudik dengan kendaraan pribadi untuk mengindari periode puncak arus balik.

Selain itu, pemerintah juga terus berupaya untuk mengatur perjalanan arus balik masa mudik Lebaran 2022 dengan manajemen lalu lintas untuk mengurai kemacetan.

Kebijakan yang diberlakukan pada arus mudik akan tetap diterapkan pada masa arus balik, seperti one way atau satu arah.

“Kebijakan ganjil genap, aturan satu arah atau one way, dan larangan truk masuk jalan tol akan tetap diberlakukan. Semua dilakukan agar masyarakat tetap nyaman,” ujar Jokowi, dikutip dari laman setkab.go.id.

Lantas, sampai kapan one way di tol akan diberlakukan?

Sampai kapan one way di tol?

Saat dikonfirmasi, Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas Polri) Irjen Firman Shantyabudi mengatakan, one way akan diberlakukan selama itu dibutuhkan.

“Selama dibutuhkan (pemberlakuan one way di tol),” ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Minggu (8/5/2022) pagi.

Firman juga menanggapi pernyataan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang sebelumnya menyebut 64 persen pemudik pengguna kendaraan pribadi belum kembali ke daerah domisilinya.

Menurut dia, angka yang disampaikan oleh Menhub tersebut bukanlah angka yang kecil.

“Dan itu diperlukan rekayasa yang tepat agar distribusi arus lalu lintas bisa lancar,” kata Firman.

Puncak arus balik pada hari ini, Minggu, 8 Mei 2022

KOMPAS.com/AGIE PERMADI Arus balik Lebaran H+4, kepadatan kendaraan terjadi di Jalan Sukajadi, Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (6/5/2022). Sejak Hari Raya Idul Fitri, Senin (2/5/20222) hingga Kamis (6/5/2022), Jasa Marga mencatat kendaraan yang keluar di Gerbang Tol Pasteur atau masuk ke Kota Bandung mencapai 140.305 kendaraan. jumlah tersebut mengalami peningkatan sebanyak 9,47 persen apabila dibandingkan dengan kondisi arus lalu lintas normal yang mencapai 127.848 kendaraan.

PT Jasa Marga (Persero) Tbk memprediksi sedikitnya akan ada 269.444 unit kendaraan yang akan menalkukan perjalanan kembali ke DKI Jakarta atau arus balik Lebaran 2022 pada hari ini, Minggu (8/5/2022).

Jumlah tersebut meningkat 53,6 persen dari lalu lintas normal di periode November 2021 lalu.

Sehingga, diimbau agar masyarakat tidak melakukan perjalanan kembali secara bersamaan pada waktu terkait.

“Kami mencatat total 2 juta kendaraan meninggalkan Jabodetabek pada H-10 sampai H+1 (22 April 2022 sampai 2 Mei 2022) Lebaran tahun ini. Hingga kemarin, baru sekitar 815.000 kendaraan yang kembali,” kata Corporate Communication and Community Development Group Head Dwimawan Heru, dikutip dari Kompas.com (8/5/2022).

“Berarti masih ada sekitar 60 persen atau 1,2 juta kendaraan yang belum kembali. Kami prediksi, pada akhir pekan ini yang merupakan puncak arus balik akan ada sebanyak 269.444 kendaraan yang kembali,” lanjutnya.

Atur lagi waktu perjalanan 

Melihat masih ada lebih dari setengah dari total kendaraan mudik via jalan tol yang belum kembali, Jasa Marga mengimbau pengguna jalan untuk kembali mengatur waktu perjalanan.

Diimbau pengguna jalan untuk terus bersabar karena jumlah lalu lintas yang datang secara bersamaan ke Jabodetabek akan luar biasa.

Sebelumnya, Korlantas Polri mencatat dalam 1×24 jam sejak berlakunya one way arus balik sudah ada 107.000 kendaraan yang melewati ruas tol Cikampek Utama.

Sehingga, tersisa kurang lebih 300.000 kendaraan lagi yang masuk ke ruas terkait menuju wilayah DKI Jakarta. Diimbau, warga memasuki ruas Cikampek Utama setelah puncak arus balik selesai.

Dalam laporan tersebut pula, dikatakan bahwa arus lalu lintas di Km 3+500 pada pukul 11.47 WIB terlihat ramai lancar. Sejumlah petugas di lapangan nampak mengatur lalu lintas agar tetap dalam kondisi lancar.

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo
Infografik: Aturan dan Larangan di Jalan Tol

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Arus #Balik #Lebaran #sampai #Kapan #Tol #Diberlakukan #Ini #Kata #Kakorlantas #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts