Walau BPA Diumumkan, Nasabah AJB Bumiputera akan Tetap Lakukan Aksi 3 Hari

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Nasabah Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912 berencana melakukan aksi damai. Langkah ini diambil lantaran kasus gagal bayar yang dialami perusahaan tersebut tak kunjung rampung.

Read More

Koordinator Aksi Serentak Korban Gagal Bayar AJB Bumiputera 1912 Fien Mangiri memaparkan, aksi damai akan dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 23-25 Mei 2022.

“Peserta aksi adalah korban AJB Bumiputera 1912 yang klaim polisnya belum dibayarkan,” kata Fien kepada Kompas.com, Selasa (17/5/2022).

Aksi long march ke Gedung DPR, ke OJK dan ke Istana Merdeka

Ia menambahkan, rencananya aksi akan dilakukan di tiga lokasi berbeda yakni di Gedung DPR, Gedung OJK, dan ketiga adalah Istana Merdeka.

Ia menyebut, akan ada aksi longmarch dari Wisma Bumiputera ke Istana Merdeka.

Aksi ini dilakukan karena pihaknya kecewa dengan proses penyelesaian kasus yang jauh dari harapan.

Minta Jokowi turun tangan

 

Adapun dalam tuntutannya, pihaknya meminta perhatian, pertolongan, dan bantuan dari Presiden Jokowi untuk segera menyelesaikan kasus gagal bayar AJB Bumiputera 1912.

“Kami juga meminta DPR sebagai wakil rakyat yang berada di pihak kami sebagai korban untuk mendesak AJB Bumiputera menyelesaikan pembayaran klaim polis yang bertahun-tahun belum dibayarkan, berikan kami kepastian,” imbuh dia.

Ia meminta DPR untuk membantu korban. Pasalnya, korban menolak kerugian ditanggung bersama karena bentuk badan usaha Mutual AJB Bumipitera 1912.

Sedangkan, kepada OJK pihaknya meminta izin agar aset yang dimiliki Bumiputera boleh dijual demi membayar klain dari dana cadangan.

Tanggapan AJB Bumiputera

Pada saat dilakukan aksi damai, ia menjelaskan, pihaknya juga akan melakukan absen dan pengumpulan status akhir klaim yang dikumpulkan sebagai bukti korban Bumiputera. Ia tidak ingin ada penyusup dalam aksi yang nanti akan dilakukan.

Perihal adanya berita yang akan mengumumkan Badan Perwakilan Anggota (BPA) yang lolos fit and proper test, pihaknya mengaku kekeh akan tetap menggelar aksi damai itu.

“Iya, aksi akan tetap kita lakukan walaupun sudah ada BPA. Pengalaman Bumiputera sudah mulai macet tidak melakukan pembayaran klaim sejak tahun 2018 yang saat itu masih ada BPA,” tandas dia.

Berbeda, perkumpulan pemegang polis yang tergabung dalam Persatuan Korban Bumiputera 1912 Indonesia (PKBI) mengatakan tidak akan ikut aksi pada tanggal 23-25 Mei 2022.

“Berhubungan sudah ditetapkan hasil fit and proper test, maka untuk sementara PKBI tidak akan ikut aksi ke OJK pada tanggal 23-25 Mei 2022. PKBI akan melakukan aksi ke Kejaksaan Tinggi agar segera merespons pengaduan PKBI,” kata dia kepada Kompas.com, Selasa (17/5/2022).

Sebagai informasi, Sekretaris Perusahaan Bumiputera 1912, M. Hery Darmawansyah mengatakan, hasil dari fit and proper test BPA AJB Bumiputera akan diumumkan pada hari Selasa (17/5/2022).

“Kami masih menunggu arahan pimpinan dan besok Selasa akan dibahas tindak lanjut dari hasil pengumuman itu,” kata dia kepada Kompas.com Senin, (16/5/2022).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Walau #BPA #Diumumkan #Nasabah #AJB #Bumiputera #akan #Tetap #Lakukan #Aksi #Hari #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts