Wali Kota Idris Ingin Depok Gabung Jakarta Pasca Ibu Kota Pindah

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Wali Kota Depok, Mohammad Idris, menginginkan agar Kota Depok bergabung dengan Provinsi DKI Jakarta menyusul perpindahan ibu kota negara ke Kalimantan Timur.

Read More

Pernyataan tersebut disampaikan Idris dalam webinar Masa depan Jakarta, Pemindahan Ibu Kota dan Tinjauan Dalam Perspektif Pemda se-Jabodetabek yang digelar oleh Warta Kota.

Menurut Idris, meleburnya Depok dengan Jakarta akan membuat tata kelola pemerintahan lebih efektif.

Dengan menyatunya Depok dan Jakarta, maka tidak akan ada lagi Pilkada untuk wilayah Depok. Jabatan wali kota akan dipilih langsung oleh gubernur.

“Pemilihan langsung secara politik hanya untuk Gubernur, dan untuk walikotanya adalah sebuah jabatan karier, ini lebih efektif,” kata Idris, dilansir dari Warta Kota, Rabu (25/5/2022).

“Karena praktek pemerintahan daerah DKI Jakarta telah menghadirkan pemerintahan yang efektif, demokratis dan efisien,” sambungnya. 

Adapun Depok saat ini masuk dalam wilayah adminsitrasi Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Padahal, kata Idris, secara geografis, budaya dan juga bahasa, Depok miliki lebih banyak kesamaan dengan Jakarta.

“Saya setuju bila depok digabung ke jakata, dari segi budaya dan bahasa juga lebih dekat,” ujarnya.

Bagi Idris, ketika Jakarta sudah bukan lagi ibu kota, maka pertumbuhan ekonomi harus semakin dipikirkan. Terlebih, terkait hubungan Jakarta dengan kota penyangganya.

Menurut Idris, pembangunan ekonomi di Jabodetabek akan lebih pesat jika bergerak seiring seirama.

“Kami menganggapnya sesuatu peluang bagi Kota Depok maupun Jakarta dan sekitarnya untuk melakukan pembangunan yang berkelanjutan,” ucap politisi PKS ini. 

“Namun yang mesti diingat, yang harus diantisipasi bagaimana hal ini harus dibarengi dengan rencana antisipatif pembangunan Jakarta dan Bodetabek di masa depan,” sambung dia.

Artikel ini telah tayang di TribunJakarta.com dengan judul “Wali Kota Idris Ingin Depok Gabung Jakarta, Tidak Ada Lagi Pilkada”

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Wali #Kota #Idris #Ingin #Depok #Gabung #Jakarta #Pasca #Ibu #Kota #Pindah #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts