Ciri Khas Pukulan Lob dalam Bulu Tangkis

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Pukulan lob merupakan salah satu pukulan bulu tangkis yang paling sering terjadi/digunakan.

Read More

Apa yang dimaksud dengan pukulan lob? Pukulan lob adalah jenis pukulan yang membuat shuttlecock melambung tinggi di atas kepala dan jatuh di area belakang lawan.

Bagi pemula, pukulan lob adalah pukulan pertama yang dilatih.

Ciri khas pukulan lob dalam permainan bulutangkis adalah hasil pukulan melambung tinggi dan jatuh di dekat garis belakang lawan.

Apa tujuan dari pukulan lob? Seperti yang sudah dijelaskan di atas, pukulan lob berguna untuk mengirim kok ke area belakang lawan.

Ragam pukulan lob dibagi dua, yaitu underhand lob dan overhead lob.

2 Macam Pukulan Lob

Overhead lob

Pukulan lob yang dilakukan dari atas kepala dengan cara menerbangkan shuttlecock melambung ke arah belakang dinamakan overhead lob atau clear.

Sebutan teknik overhead lob mengacu pada posisi shuttlecock (kok) saat dipukul, yakni berada di atas kepala pemain.

Dalam melakukan teknik pukulan lob overhead, pastikan pergerakan kok berada di atas kepala dengan posisi raket berada di samping bahu.

Kekuatan pukulan bertumpu pada pergelangan tangan, dengan akhir ayunan raket berada di sisi kiri jika memukul kok atau pegangan raket memakai tangan kanan.

Underhand lob

Teknik pukulan underhand lob mengharuskan seorang pemain memukul shuttlecock yang berada di bawah badan atau setinggi pinggang hingga melambung melewati lawan.

Untuk melakukan pukulan underhand lob, umumnya seorang pebulu tangkis memegang raket dalam posisi backhand.

Sehingga, ketika melakukan pukulan lob posisi lengan pemain membelakangi arah pukulan atau datangnya kok.

Hanya saja, teknik underhand lob membutuhkan kemampuan menguasai kekuatan pukulan untuk mengurangi risiko bola disambar lawan dengan smash sebagai langkah serangan balik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Ciri #Khas #Pukulan #Lob #dalam #Bulu #Tangkis #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts