Tito Karnavian Kenang Perjumpaan Terakhir dengan Tjahjo Kumolo di Sidang Kabinet

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengenang pertemuan terakhir dengan almarhum Tjahjo Kumolo di sidang kabinet yang dipimpin Presiden Joko Widodo.

Read More

Saat itu, Tjahjo belum dirawat secara intensif di rumah sakit (RS).

“Pertemuan saya terakhir sebelum beliau masuk RS ya di sidang kabinet. Beliau banyak memberikan masukan-masukan tentang situasi politik, keamanan, Papua dan lain-lain. Banyak ngobrol sama beliau. Saya menganggap beliau sebagai senior,” ujar Tito saat bertakziah ke rumah duka almarhum Tjahjo Kumolo di Kompleks Kediaman Menteri, Widya Chandra, Jakarta Selatan, Sabtu (2/7/2022).

Sebelum pertemuan terakhir itu, Tito dan Tjahjo sudah berteman sejak lama.

Saat Tito masih menjadi Kapolri, Tjahjo sering memberikan informasi, masukan maupun nasehat.

Tak lupa, Tjahjo kerap membuat catatan singkat yang mudah dicerna dan sering dibagikan kepada Tito.

“Selalu saya diberikan masukan tentang Polri, tentang situasi politik dan lainnya. Pada waktu saya menggantikan beliau di Kemendagri pun saya banyak mendapat masukan dari beliau tentang situasi di Kemendagri,” ungkap Tito.

Dia pun mengenang Tjahjo sebagai pribadi yang tenang dan tidak banyak bicara.

Namun, sekali berbicara, apa yang disampaikan Tjahjo dinilainya berbobot.

“Dan sangat berpengalaman dalam dunia politik. Saya kan polisi, jadi enggak banyak paham dunia politik praktis. Saya jadi banyak belajar dari beliau. Dan beliau adalah sosok yang baik, sabar dan sederhana,” kata Tito.

Tito menambahkan, ketika menjenguk Tjahjo di RS, almarhum sedang dalam kondisi tidak disadarkan.

Saat itu, fungsi dari paru-paru Tjahjo disebutnya telah diambil alih oleh mesin.

“Paru-paru beliau sudah ditidurkan supaya terjadi recovery. Dengan obat-obatan dan lainnya. Dan sebenarnya sudah terjadi perbaikan,” tambah Tito.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo berpulang pada Jumat pukul 11.10 WIB di RS Abdi Waluyo, Jakarta Pusat.

Tjahjo meninggal dunia setelah dirawat intensif selama 13 hari di RS akibat infeksi organ perut dan organ dalam lainnya.

Jenazah almarhum dimakamkan di TMP Kalibata pada Jumat sore.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Tito #Karnavian #Kenang #Perjumpaan #Terakhir #dengan #Tjahjo #Kumolo #Sidang #Kabinet #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts