5 Cara Mengobati Infeksi Vagina sesuai Penyebabnya

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Cara mengobati infeksi vagina kuncinya terletak pada diagnosis tepat sesuai akar penyebab penyakit.

Perlu diketahui, infeksi vagina adalah peradangan pada vagina yang disebabkan infeksi jamur, bakteri, virus, penyakit menular seksual, sampai paparan zat yang mengiritasi area intim wanita.

Dilansir dari WebMD, gejala infeksi vagina yang biasa dikeluhkan di antaranya rasa tidak nyaman atau nyeri di sekitar area intim, vagina bau tak sedap, keputihan tidak normal, dan sebagainya. Berikut cara mengatasinya.

Dilansir dari MedicalNewsToday, infeksi vagina biasanya disebabkan jamur candida.

Gejala infeksi vagina karena jamur candida biasanya vagina gatal, panas seperti terbakar, keputihan kental dan lengket, dan vagina bengkak atau kemerahan. Kondisi ini biasanya semakin parah sebelum haid.

Cara mengatasi penyakit ini biasanya memerlukan obat infeksi vagina dengan formulan anti-jamur.

Obat ini ada yang diminum atau berupa salep yang dioleskan ke bagian dalam vagina. Ingat, ibu hamil tidak boleh sembarangan minum obat anti-jamur.

2. Cara mengobati infeksi vagina karena bakteri

Wanita bisa terkena infeksi vagina ketika bakteri baik jenis lactobacilli jumlahnya berkurang, sehingga bakteri jahat berbiak dalam jumlah berlebihan di dalam vagina.

Gejala infeksi vagina karena bakteri ini biasanya keputihan berwarna keabuan, vagina bau amis, kencing terasa sakit, nyeri saat berhubungan seks, dan bibir vagina sangat gatal.

Infeksi vagina juga bisa dipicu bakteri biang penyakit menular seksual seperti klamidia dan gonore. Selain gejala di atas, wanita juga pendarahan di luar jadwal haid dan nyeri panggul.

#Cara #Mengobati #Infeksi #Vagina #sesuai #Penyebabnya

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts