3 Penyebab Infeksi Paru-paru Pada Bayi yang Kerap Menyerang

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Penyakit infeksi paru-paru bisa menyerang setiap orang, termasuk bayi.

Masalah kesehatan ini perlu diwaspadai. Pasalnya, daya tahan tubuh bayi belum cukup kuat untuk melawan kuman penyebab infeksi paru-paru.

Simak penjelasan berikut untuk meningkatkan kewaspadaan pada penyakit yang rawan menyerang bayi ini.

Penyebab infeksi paru-paru pada bayi 

Infeksi paru-paru adalah penyakit peradangan yang menyerang saluran pernapasan (bronkus, bronkiolus, alveoli) atau jaringan yang mengelilingi saluran udara di paru-paru.

Jenis penyakit infeksi paru yang sering diidap bayi di antaranya pneumonia, TBC, dan bronkitis. Ketiga penyakit ini memiliki penyebab yang berbeda, yakni:

Pneumonia pada bayi adalah penyakit infeksi paru yang ditandai dengan gejala demam, batuk, napas jadi lebih cepat dibandingkan biasanya, badan lemas, dan anak jadi enggan menyusu.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, penyakit ini momok kesehatan bayi dan anak balita karena menjadi penyebab kematian dari 15 persen bayi dan anak balita.

Dilansir dari CedarsSinai, penyebab pneumonia pada bayi paling sering karena virus dan bakteri. Tapi, terkadang penyakit ini juga disebabkan jamur.

Beberapa kuman penyebab pneumonia di antaranya Streptococcus pneumoniae, Pneumonia mikoplasma, streptokokus grup B, Stafilokokus aureus, respiratory syncytial virus (RSV), virus parainfluenza, virus influenza, adenovirus, dan beberapa jenis jamur.

Bayi berisiko tinggi terkena pneumonia ketika sering terpapar asap rokok atau ibunya perokok.

#Penyebab #Infeksi #Paruparu #Pada #Bayi #yang #Kerap #Menyerang

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts