Malaysia Masters 2022, Viktor Axelsen dan Lee Zii Jia Kompak Mundur?

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Viktor Axelsen (Denmark) dan Lee Zii Jia (Malaysia) dikabarkan mundur dari Malaysia Masters 2022 yang dijadwalkan bergulir pekan ini.

Read More

Kabar itu diberitakan oleh salah satu media ternama Malaysia, The New Strait Times.

Tanda-tanda Lee Zii Jia akan mundur dari Malaysia Masters 2022 sebenarnya sudah tercium sejak tengah pekan lalu.

Hal itu tidak lepas dari hasil buruk yang diterima Lee Zii Jia di Malaysia Open 2022.

Berstatus sebagai unggulan kelima, Lee Zii Jia di luar dugaan sudah gugur pada babak 16 besar Malaysia Open 2022.

Pemain berusia 24 tahun itu tersingkir setelah takluk dari tunggal putra Indonesia, Shesar Hiren Rhustavito, dalam drama tiga gim.

Hasil itu langsung menghentak publik Malaysia. Sebab, Lee Zii Jia sebenarnya unggul jauh atas Shesar Hiren dari segi ranking.

Lee Zii Jia saat ini menempati ranking lima dunia sementara Shesar Hiren masih di luar 10 besar tepatnya urutan ke-26.

Tidak hanya itu, publik Malaysia dikabarkan juga kecewa karena Lee Zii Jia adalah pemain yang sangat diharapkan mampu mengangkat nama tuan rumah.

Publik Malaysia pada akhirya benar-benar kecewa setelah tidak ada satu pun atlet mereka yang berhasil naik podium juara Malaysia Open 2022.

Akhir pekan lalu, Indra Wijaya selaku pelatih Lee Zii Jia terlihat sangat terpukul dengan kekalahan anak asuhnya.

Indra Wijaya sangat berharap Lee Zii Jia sudah mulai beradaptasi dengan ekspektasi tinggi yang dibebankan kepadanya.

Dalam keterangannya, Indra Wijaya secara tidak langsung juga menyatakan ada kemungkinan Lee Zii Jia mundur dar Malaysia Masters 2022.

“Saya tidak bisa memastikan apa-apa sekarang (soal Malaysia Masters 2022). Kami akan lihat kondisi Lee Zii Jia terlebih dahulu,” kata Indra Wijaya pada 1 Juli 2022.

“Ada banyak hal yang bisa dipelajari dari kekalahan Lee Zii Jia kali ini. Dia harus belajar beradaptasi dengan segala situasi, kondisi, dan ekspektasi dari fans maupun dirinya sendiri,” ujar Indra.

“Lee Zii Jia harus selalu siap menerima kekalahan, sama seperti ketika dia siap menang di setiap turnamen,’ ucap Indra menambahkan.

Menurut sumber The Star, pihak sponsor dari Lee Zii Jia sudah mengonfirmasi bahwa sang pemain akan absen dari Malaysia Masters 2022.

Berbeda dari Lee Zii Jia, Axelsen menyelesaikan Malaysia Open 2022 dengan raihan gelar juara.

Axelsen keluar sebagai juara Malaysia Open 2022 setelah melibas tunggal putra terbaik Jepang, Kento Momota.

Tidak tanggung-tanggung, Axelsen hanya memberi Kento Momota 11 poin sepanjang pertandingan final yang berlangsung 34 menit itu.

Malaysia Open 2022 menjadi gelar kelima Viktor Axelsen tahun ini.

Empat gelar Axelsen lainnya adalah All England Open 2022, Kejuaraan Eropa 2022, Indonesia Masters 2022, dan Indonesia Open 2022.

Selepas mengalahkan Momota, Axelsen mengaku sangat kelelahan karena harus mengikuti tiga turnamen beruntun dalam kurun waktu empat pekan.

Faktor kelelahan itulah yang membuat Axelsen ragu mengikuti Malaysia Masters 2022 pekan ini.

“Sejujurnya, saya sangat kelelahan karena terus bermain akhir-akhir ini,” ucap Axelsen.

“Entah bagaimana saya berhasil mendapatkan cadangan energi untuk bermain baik dan mengalahkan Kento Momota,” kata pemain berusia 28 tahun itu.

“Saya belum bisa memastikan apakah saya akan bermain di Malaysia Masters 2022 atau tidak. Saya harus berpikir dulu sebelum mengambil keputusan,” ujar Axelsen menambahkan.

Terlepas dari uraian di atas dan pemberitaan The Star, Axelsen dan Lee Zii Jia sampai saat ini masih tercantum dalam daftar peserta Malaysia Masters 2022 di situs BWF.

Axelsen tertulis sebagai tunngal putra unggulan pertama Malaysia Masters 2022. 

Di sisi lain, Lee Zii Jia tercatat sebagai unggulan kelima.

Jika Axelsen dan Lee Zii Jia dipastikan absen, tunggal putra Indonesia tentu akan mendapatkan keuntungan.

Total ada lima tunggal putra Indonesia yang dijadwalkan mengikuti Malaysia Masters 2022.

Mereka adalah Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, Shesar Hiren Rhustavito, Tommy Sugiarto, dan Chico Aura Dwi Wardoyo.

Adapun Malaysia Masters 2022 dijadwalkan berlangsung selama enam hari sejak Selasa (5/7/2022) hingga Minggu (10/7/2022).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Malaysia #Masters #Viktor #Axelsen #dan #Lee #Zii #Jia #Kompak #Mundur #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts