“JIS, Stadion Politiknya Pak Anies Menyongsong Pilpres 2024”

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan disebut menggunakan Jakarta International Stadium (JIS) untuk kepentingan politik menuju pemilihan presiden (pilpres) 2024.

Read More

Hal itu dinyatakan Ketua Fraksi PDI-P DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono, yang berpendapat bahwa JIS tak digunakan sebagaimana mestinya sebuah stadion.

“Iya, memang JIS itu kan dijadikan ganggangnya atau stadion politiknya Pak Anies menyongsong (pilpres) 2024. Itu (JIS) memang stadion politiknya Pak Anies,” ucapnya kepada awak media, Rabu (13/7/2022).

Ia menyatakan, JIS tidak digunakan sebagaimana mestinya sebuah stadion karena dipakai untuk menggelar shalat Idul Adha, pada 10 Juli 2022.

Tak hanya itu, stadion yang terletak di Jakarta Utara tersebut juga dipakai untuk menggelar Shalat Idul Fitri 2022.

Padahal, sejatinya sebuah stadion digunakan untuk berolahraga, terkhusus sepak bola.

“Acuan awal pembangunan stadion itu (JIS) untuk pengembangan olahraga, khususnya sepak bola. Betul enggak? Tapi apa yang terjadi sekarang?” paparnya.

BERITA FOTO: Ribuan Umat Muslim Laksanakan Shalat Idul Adha di JIS

“Yang terjadi sekarang, (JIS) dipakai olahraga tidak, tapi dipakai shalat Id. Apakah boleh? Boleh, tapi kan enggak elok,” sambung dia.

Gembong menyatakan, jika ingin membangun tempat ibadah berkapasitas besar, Anies seharusnya membuat masjid besar selama masa baktinya sebagai Gubernur DKI Jakarta.

“Kalau Pak Anies punya keinginan untuk membangun tempat ibadah yang punya daya tampung besar, kenapa selama ini lima tahun (masa jabatan) tidak membangun masjid yang besar? Logikanya kan gitu saja,” paparnya.

Dalam kesempatan itu, ia bahkan menyinggung soal aparatur sipil negara (ASN) yang diwajibkan untuk Shalat Idul Fitri 2022 di JIS.

Anies Ucapkan Terima Kasih kepada Jemaah Shalat Idul Adha di JIS

Gembong menilai, diwajibkannya ASN untuk Shalat Idul Fitri merupakan hal yang tidak pas untuk dilakukan.

Sebab, beribadah merupakan hal yang personal bagi siapa pun.

“Kalau Shalat Idul Fitri kemarin, kan instruksi, ASN harus (shalat di JIS). Ada presensinya,” sebutnya.

“Namanya shalat aja ada instruksi, kan enggak pas juga. Kan hal yang sangat pribadi, tapi itu sudah ada instruksi,” imbuh Gembong.

Untuk diketahui, Anies melaksanakan shalat Idul Adha 1443 Hijriah di JIS, 10 Juli 2022. Ia tiba di lokasi sekitar pukul 06.13 WIB, didampingi sang istri, Fery Farhati.

Saat itu, Anies mengenakan jas hitam dengan baju putih, sarung berwarna biru, serta peci hitam.

Anies mendapatkan kesempatan memberikan sambutan di hadapan jemaah shalat Idul Adha di JIS.

“Atas nama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, (saya) mengucapkan terima kasih kepada saudara-saudara yang memilih untuk hadir di tempat ini, yang memilih untuk ikut melaksanakan shalat Idul Adha di Jakarta,” ujar Anies.

Saat Anies memberikan sambutan, di belakangnya dipasang banner berukuran 4×6 meter.

Banner itu bertuliskan, “Idul Adha 1443 H”, dengan gambar Sirkuit Formula E beserta JIS tampak dari kejauhan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#JIS #Stadion #Politiknya #Pak #Anies #Menyongsong #Pilpres #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts