6 Cara Mencegah Penyakit Kardiovaskular

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Penyakit kardivaskular adalah salah satu momok kesehatan karena menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi secara global.

Menurut Kementerian Kesehatan, penyakit kardiovaskular adalah penyakit yang disebabkan gangguan fungsi jantung dan pembuluh darah.

Banyak yang bertanya contoh penyakit kardiovaskular apa saja. Sebagai informasi, jenis yang sering menyerang adalah penyakit jantung koroner dan stroke.

Penyebab penyakit kardiovaskular umumnya berasal dari gaya hidup tidak sehat seperti tekanan darah tinggi, gula darah tinggi, kolesterol tinggi, kurang gerak, pola makan tidak sehat, merokok, dan stres berlebihan.

Untuk mencegah penyakit ini, Anda perlu mengelola beberapa faktor risiko penyakit kardiovaskular di atas.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meminimalkan risiko penyakit yang bisa berdampak fatal ini, di antaranya:

  • Setop merokok dan hindari paparan asap rokok

Dilansir dari Johns Hopkins Medicine, rokok dan produk tembakau bisa meningkatkan risiko segala jenis penyakit kronis, termasuk penyakit kardiovaskular.

Untuk mencegah masalah kesehatan ini, Anda perlu setop merokok dan sebisa mungkin meminimalkan paparan asap rokok.

Menurut European Society of Cardiology, perokok yang susah berhenti merokok bisa minta bantuan dokter atau terapis. Ahli dapat membantu dengan konseling dan obat terapi pengganti nikotin.

Pola makan tidak sehat sehat bisa memicu penyakit gula darah tinggi, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, atau obesitas penyebab penyakit kardiovaskular.

#Cara #Mencegah #Penyakit #Kardiovaskular

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts