Retinol Sebaiknya Dipakai mulai Umur Berapa?

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Retinol adalah salah satu bahan aktif skincare yang dikenal punya manfaat menjaga kesehatan kulit agar terlihat awet muda.

Sebagai produk anti-penuaan, sebagian dari Anda mungkin bertanya-tanya, apakah retinol hanya digunakan pemilik masalah kulit keriput atau muncul garis-garis halus? Atau, sebaiknya retinol dipakai mulai umur berapa?

Nah, sebelum menyimak ulasan jawaban tersebut, ada baiknya Anda mengetahui apa itu retinol?

Apa itu retinol dan manfaatnya?

Dilansir dari MarthaStewart, retinol adalah turunan vitamin A yang sering digunakan sebagai bahan aktif produk perawatan kulit.

Formula atau kandungan retinol memiliki manfaat untuk:

  • Meregenerasi lapisan atas kulit sehingga tampak lebih muda
  • Membantu menghilangkan flek hitam karena sering terpapar sinar matahari
  • Menyamarkan noda bekas jerawat
  • Membuat kulit kusam lebih bersinar
  • Menyamarkan garis-garis halus di kulit

Meskipun manfaat retinol menjanjikan, tapi ingat bahwa kandungan retinol dalam setiap skincare dan kondisi kulit penggunanya berbeda-beda. Jadi, efek yang dirasakan pemakainya juga bisa tidak seragam.

Retinol dipakai mulai umur berapa?

Dilansir dari Byrdie, retinol sebaiknya dipakai mulai umur 25 tahun, atau di usia 20 tahunan ketika kulit belum mengalami penuaan sehingga hasilnya lebih optimal.

Retinol sebaiknya dipakai mulai umur 20 tahunan bukannya tanpa alasan. Pada usia tersebut, produksi kolagen alami mulai menurun.

Sebagai informasi, kolagen adalah protein alami yang membantu menjaga kulit terlihat kencang dan kenyang. Ketika kolagen mulai menurun, kulit jadi tampak kendur dan keriput.

Nah, retinol yang digunakan di umur 20 tahunan dapat mendorong sel penghasil kolagen atau fibroblas untuk merangsang produksi kolagen lebih banyak.

#Retinol #Sebaiknya #Dipakai #mulai #Umur #Berapa

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts