Semifinal Singapore Open 2022, Bukti Kekuatan Ganda Putra Indonesia

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Babak semifinal Singapore Open 2022 menjadi pembuktian kekuatan Indonesia di sektor ganda putra. Hal itu diakui wakil tuan rumah, Hee Yong Kai Terry/Loh Kean Hean. 

Read More

Pernyataan tersebut disampaikan Hee Yong Kai Terry/Loh Kean Hean usai kekalahan dari Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di perempat final Singapore Open 2022, Jumat (15/7/2022).

Dalam pertandingan itu, Fajar/Rian menang 16-21, 21-15, 21-15. Hasil melawan Hee/Loh Kean melengkapi ganda putra Indonesia yang lolos ke semifinal Singapore Open 2022. 

Tiga ganda putra Indonesia yaitu Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, dan Sabar Karyaman Gutama/Moh Reza Pahlevi Isfahani sudah lebih dulu mengamankan tiket semifinal. 

Keberhasilan meloloskan empat wakil ganda putra ke semifinal Singapore Open 2022 membuat Indonesia mencetak sejarah baru di dunia bulu tangkis. 

Komentator BWF, Gillian Clark, mengungkapkan bahwa ini pertama kalinya dalam sejarah turnamen BWF Super Series/World Tour, semifinal ganda putra dikuasai oleh satu negara. 

Kehebatan ganda putra Indonesia turut diakui oleh pemain Singapura Hee Yong Kai Terry.

Dia mengatakan, Indonesia terbukti punya kekuatan besar di sektor ganda dan didukung regenerasi yang bagus.

“Indonesia membuktikan bahwa mereka adalah kekuatan di ganda putra dengan basis besar dan jalur pengembangan bagus,” kata Loh Kean Hean, dilansir dari The Straits Times.

Indonesia memang memiliki stok ganda putra yang melimpah. Regenerasi berjalan optimal sehingga pemain baru terus bermunculan saat pasangan terbaik masih dalam puncaknya. 

Indonesia punya tiga pasangan yang saat ini menghuni daftar lima besar dunia: Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo (ranking 1), Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (3), dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (5). 

Dari nama-nama di atas hanya Marcus/Kevin yang belum naik podium tahun ini.

Performa pasangan berjuluk The Minions itu memang belum 100 persen karena Marcus masih dalam pemulihan pasca-operasi pergelangan kaki.

Sementara, Ahsan/Hendra dan Fajar/Rian sudah berkali-kali menembus final. Ahsan/Hendra merupakan runner up India Open, All England, dan Malaysia Masters.

Fajar/Rian sudah melaju ke final enam kali dari 10 turnamen BWF World Tour yang diikuti. Dari enam final tersebut, Fajar/Rian masing-masing meraih tiga juara dan tiga kali runner up. 

Selain itu, masih ada beberapa pasangan muda yang menjadi pelapis tetapi telah menembus daftar 25 besar dunia. 

Sebut saja Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan yang menempati posisi ke-14. Prestasi terakhir mereka meraih gelar Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2022. 

KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Ganda putra Indonesia, Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan bertanding melawan ganda putra Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik pada babak 8 besar Indonesia Open 2022 di Istora Senayan, Jakarta, Jumat (17/6/2022). Langkah Pramudya/Yeremia ke semifinal terhenti setelah kalah melalui permainan rubber game atau tiga gim dengan skor 14-21, 21-12, dan 22-20.

Ada juga Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana, penghuni peringkat ke-20, yang merupakan juara All England 2022. 

Masih ada Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin di urutan ke-23 BWF. Pasangan ini belum pernah juara turnamen BWF, tetapi menjadi runner-up Hylo Open 2021 dan menembus semifinal Singapore Open 2022.

Mereka berhasil mempersembahkan medali emas bagi Indonesia di  SEA Games Vietnam 2022. 

Fajar Alfian pun mengakui kehebatan ganda putra Indonesia. Dia menilai Indonesia punya kekuatan luar biasa di ganda putra.

“Kami memiliki kekuatan luar biasa di sektor ini, persaingan sangat tinggi dan itu membuat kami semua tetap waspada. Kami semua ingin menjadi yang terbaik di antara yang terbaik,” tutur Fajar, dilansir dari BWF.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Semifinal #Singapore #Open #Bukti #Kekuatan #Ganda #Putra #Indonesia #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts