Cara Daftar Pertashop Pertamina 2022 serta Syarat dan Modalnya

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Bagi masyarakat yang ingin memiliki bisnis pom bensin, Pertamina membuka peluang kerja sama melalui kemitraan bisnis Pertashop. Bagaimana cara daftar Pertashop?

Read More

Pertashop adalah SPBU mini yang resmi bekerja sama dengan Pertamina. Harga BBM yang dijual Pertashop adalah sama dengan di SPBU Pertamina Reguler. Pasokan BBM juga rutin dipasok dari truk-truk tangki Pertamina.

Dikutip dari laman MyPertamina, Pertashop adalah lembaga penyalur bahan bakar resmi dari Pertamina yang berskala kecil untuk menyediakan bahan bakar minyak (BBM), LPG non subsidi, dan produk Pertamina lainnya.

Mitra Pertashop Pertamina mengutamakan lokasi untuk pelayanannya berada di desa atau di kota yang membutuhkan untuk pelayanan produk ritel milik Pertamina.

Outlet Pertashop menawarkan akses yang lebih mudah bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan bahan bakar kendaraannya tanpa harus berkendara jauh ke SPBU.

Pertamina sendiri menargetkan membangun 40.000 Pertashop hingga tahun 2024. Dari tahun 2020 hingga Juni 2021, Pertamina telah membangun Pertashop sebanyak 1609 outlet dan akan terus bertambah.

Pertashop adalah bagian dari Program One Village One Outlet (OVOO) dengan sasaran seluruh desa di Indonesia tersedia minimal satu outlet BBM dan LPG.

Keuntungan menjadi mitra Pertashop Pertamina

Secara umum, beberapa keuntungan jika menjadi mitra Pertashop Pertamina adalah sebagai berikut:

  • Kerja sama yang menguntungkan.
  • Modal usaha yang kecil.
  • Jaminan ketersediaan, takaran dan kualitas BBM.
  • Lahan yang diperlukan tidak terlalu luas.
  • Perizinan usaha yang sederhana.
  • Ketersediaan Bright Gas dan Pelumas Pertamina.

Adapun potensi keuntungan bisnis Pertashop Pertamina relatif bergantung pada angka penjualan BBM. Jika menjual BBM mencapai 450-600 liter per hari, maka pengusaha Pertashop harus memesan BBM kepada Pertamina rata-rata 14 kilo liter per bulannya.

Dengan demikian, omzet penjualannya bisa mencapai lebih dari Rp 150 juta-an per bulan.

Syarat daftar Pertashop Pertamina

Bagi masyarakat yang tertarik menjadi mitra Pertashop Pertamina, ada beberapa persyaratan yang harus dilengkapi, yaitu sebagai berikut:

  • WNI yang memiliki legalitas usaha berbentuk Badan Usaha dan atau Badan Hukum (CV, Koperasi, atau PT)
  • Mempunyai kelengkapan dokumen legalitas seperti KTP, NPWP, Akta Perusahaan
  • Mempunyai lahan untuk mengoperasikan Pertashop
  • Memperoleh rekomendasi dari Kepala Desa
  • Modal sesuai dengan tipe Pertashop yang diajukan. Selain dengan modal sendiri, membuka Pertashop juga bisa menggunakan pendanaan dari Kredit Usaha Rakyat (KUR).
https://kemitraan.pertamina.com/ Cara daftar Pertashop Pertamina, syarat, dan rincian modal yang diperlukan

Dikutip dari laman resminya, terdapat beberapa skema yang dapat diambil sesuai dengan budget yang dimiliki calon mitra Pertashop Pertamina. Modal Pertashop yang ditawarkan mulai dari Rp 250 juta, Rp 400 juta, dan Rp 500 juta. Berikut penjelasannya:

Skema Gold

Untuk skema gold, modal Pertashop awal yang dibutuhkan Rp 250 juta. Modal tersebut sudah mencakup untuk biaya pembelian unit pertashop, biaya pembangunan, dan biaya pengiriman barang. Berikut rinciannya:

  • Modal pembelian produk (Pertamax): Rp 20 juta (Rp8.150 x 2.000 – liter/hari + biaya lain-lain)
  • Keuntungan/liter: 850/liter (untuk sales 1-1.000 liter/hari)
  • Estimasi pendapatan/hari: minimal 400 liter/hari
  • Estimasi pengembalian modal maksimal 5 Tahun (tergantung pendapatan penjualan).

Skema Platinum

Untuk skema platinum, modal Pertashop awal yang dibutuhkan Rp 400 juta. Modal tersebut sudah mencakup untuk biaya pembelian unit pertashop pertamina, biaya pembangunan, dan biaya instalasi. Berikut rinciannya:

  • Modal pembelian produk pertamax : Rp 70 jt ( 8.400 x 8.000 liter/perhari + Biaya lain – lain )
  • Keuntungan /liter : 600/Liter ( Untuk sales 1.001 – 3.000 Liter/Hari )
  • Estimasi Pendapatan /hari : minimal 1000 liter /hari
  • Estimasi pengembalian modal maksimal 4 Tahun (tergantung pendapatan penjualan)
  • Dimungkinkan menjual LPG Bright Gas dan Pelumas pertamina

Skema Diamond

Untuk skema diamond, modal Pertashop awal yang dibutuhkan Rp 500 juta. Modal tersebut sudah mencakup untuk biaya pembelian unit Pertashop Pertamina, biaya pembangunan, dan biaya instalasi. Berikut rinciannya:

  • Modal pembelian produk pertamax : Rp 70 jt ( 8.565 x 8.000 liter/perhari + Biaya lain – lain )
  • Keuntungan /liter : 435/Liter ( Untuk sales > 3.000 Liter/Hari )
  • Estimasi Pendapatan /hari : minimal 3.000 liter /hari
  • Estimasi pengembalian modal maksimal 3 Tahun (tergantung pendapatan penjualan)
  • Dimungkinkan menjual LPG Bright Gas dan Pelumas pertamina

Setelah memahami persyaratan dan skema bisnis Pertashop Pertamina, Anda yang tertarik bisa langsung melakukan pengajuan atau pendaftaran. Cara daftar Pertashop Pertamina sendiri dapat dilakukan secara online di laman https://kemitraan.pertamina.com/dashboard. 

Selanjutnya, klik tombol “Daftar Sekarang” dan ikuti petunjuk hingga selesai. Prosedur pendaftaran mitra Pertashop Pertamina dapat dilihat pada link berikut ini.

Pemilihan lokasi Pertashop Pertamina

Dalam proses melakukan pendaftaran menjadi mitra Pertashop Pertamina, Anda harus memilih lokasi dari pilihan yang telah disediakan pada form. Isinya mencakup provinsi, kota/kabupaten, kecamatan, kelurahan, dan alamat rinci dari rencana lokasi.

Akan tetapi, jika lokasi yang Anda inginkan belum terdaftar, Anda dapat melakukan pengajuan lokasi baru dengan tautan yang telah disediakan pada laman tersebut.

Selain itu, terdapat beberapa syarat lokasi yang dibutuhkan antara lain:

  • Akses desa (akses mobil tangki dan akses pengiriman modular)
  • Ketersediaan jaringan listrik
  • Lokasi yang akan dibangun Pertashop Pertamina mempunyai potensi omset yang baik secara keekonomian
  • Evaluasi kelayakan lokasi akan dilakukan oleh PT. Pertamina (Persero)

Input data diri

Cara menjadi mitra Pertashop berikutnya yaitu dengan melakukan pengisian data diri. Hal ini termasuk nama perusahaan yang ingin digunakan, nama pengusaha, nomor telepon, alamat e-mail, serta melengkapi digit password yang digunakan untuk melanjutkan proses pendaftaran mitra Pertashop Pertamina.

Cara daftar Pertashop Pertamina, syarat, dan rincian modal yang diperlukanMyPertamina Cara daftar Pertashop Pertamina, syarat, dan rincian modal yang diperlukan

Submit pendaftaran

Setelah melengkapi form pendaftaran, jangan lupa membaca persyaratan prosedur yang telah terlampir pada laman tersebut.

Jangan lupa juga untuk memberi tanda centang pada kolom konfirmasi bahwa Anda telah menyetujui persyaratan prosedur pendaftaran menjadi mitra Pertashop Pertamina.

Setelah menyelesaikan semua proses pendaftaran secara online, Anda akan dikirimkan e-mail verifikasi. Email tersebut memuat informasi pendaftaran dan kode aktivasinya melalui SMS ke nomor telepon yang telah Anda daftarkan.

Sebagai informasi, waktu yang diperlukan untuk proses pengajuan mitra Pertashop Pertamina adalah 18 hari. Status pengajuan bisa dilihat di laman https://kemitraan.pertamina.com/dashboard atau Pertamina Call Center di nomor 135.

Itulah syarat dan cara daftar Pertashop Pertamina yang bisa dilakukan secara online. Bisnis Pertashop Pertamina tentunya menjadi pilihan menarik, mengingat masih banyak daerah di Indonesia yang belum terjangkau SPBU.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Cara #Daftar #Pertashop #Pertamina #serta #Syarat #dan #Modalnya #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts