Tanggal 22 Juli Hari Memperingati Apa?

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Tanggal 22 Juli 2022 jatuh pada hari Jumat. Pada hari ini, di Indonesia, terdapat peringatan Hari Kejaksaan.

Read More

Selain itu, ada juga peringatan dan perayaan di negara lain hari ini. Berikut beberapa hari penting yang jatuh pada 22 Juli 2022.

Hari Kejaksaan

Hari Bhakti Adhyaksa atau Hari Kejaksaan diperingati setiap tanggal 22 Juli. Hari ini merupakan hari ulang tahun institusi Kejaksaan Agung RI.

Tahun ini, Kejaksaan Agung merayakan hari jadinya yang ke-62.

Pada 22 Juli 1960, kejaksaan dipisahkan dari Departemen Kehakiman dan menjadi departemen sendiri.

Pemisahan ini dituangkan dalam Keputusan Presiden RI Nomor 204/1960 tertanggal 1 Agustus 1960 yang berlaku sejak 22 Juli 1960.

Tanggal 22 Juli kemudian ditetapkan sebagai Hari Bhakti Adhyaksa.

 

Hari Otak Sedunia

Hari Otak Sedunia dirayakan secara global pada tanggal 22 Juli setiap tahun. Hari ini dicetuskan oleh Federasi Neurologi Dunia (WFN).

Tujuannya adalah untuk membantu meningkatkan kesadaran akan masalah kesehatan, khususnya otak, yang semakin signifikan, terutama di zaman modern ini.

Hari Otak Sedunia merupakan hari yang penting mengingat kondisi kesehatan saat ini di mana setiap orang semakin rentan terhadap gangguan neurologis.

Hari Sarawak di Malaysia

Hari Sarawak dirayakan pada tanggal 22 Juli oleh orang-orang di negara bagian Sarawak di Malaysia.

Hari ini menandai hari di mana Sarawak diberikan pemerintahan sendiri oleh Inggris pada 22 Juli 1963 dengan syarat bergabung untuk membentuk Federasi Malaysia.

Sarawak kemudian bergabung dengan Federasi Malaysia pada 16 September di tahun yang sama.

Sarawak adalah negara bagian Malaysia yang memiliki otonomi yang berbeda dari negara-negara bagian lain, seperti dalam hal pemerintahan dan imigrasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Tanggal #Juli #Hari #Memperingati #Apa #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts