Dari Mikroskop hingga Text Scanner, Ini 6 Fitur di Kamera Oppo Reno7 4G

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Aneka smartphone kekinian yang dipasarkan di Indonesia turut dibekali dengan beragam fitur kamera mumpuni.

Read More

Salah satu smartphone terbaru Oppo, yaitu Reno7 4G, misalnya, dibekali dengan sejumlah kamera mumpuni yang sudah dilengkapi dengan berbagai fitur pintar yang mengandalkan kecerdasan buatan (AI).

Di atas kertas, Oppo Reno7 4G mengusung tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 64 MP (f/1.7), kamera mikroskop 2 MP (f/3.3), dan kamera mono 2 MP (f/2.4). Pada bagian depanya, terdapat kamera selfie beresolusi 32 MP (f/2.4).

Nah, kali ini KompasTekno ingin mengulik enam fitur fotografi yang bisa ditemui pengguna di dalam aplikasi kamera ponsel berbanderol Rp 5,2 juta (8 GB/256 GB) tersebut.

Keenam fitur tersebut mencakup Microscope, Text Scanner, Pano, Sticker, Night, hingga Extra HD. Lantas, apa saja fungsi-fungsi fitur ini?

1. Microscope

Seperti namanya, Microscope bakal menyulap kamera pengguna menjadi “mikroskop digital”. Artinya, fitur ini bisa dipakai pengguna untuk melihat dan memotret berbagai obyek super kecil yang tidak bisa dilihat oleh mata telanjang.

Beberapa obyek kecil tersebut meliputi debu, tekstur kain, permukaan kulit, dan berbagai obyek mungil lainnya.

Untuk menggunakan fitur ini, pegguna cukup buka aplikasi kamera, pilih menu “More” di deretan mode kamera Reno7 4G yang berada tepat di atas tombol jepret alias shutter, lalu memilih ikon “Microscope”.

Perlu dicatat, agar fitur ini bisa berfungsi dengan normal, pastikan modul kamera diposisikan dalam jarak yang sangat dekat atau bisa dibilang nyaris menyentuh permukaan obyek yang ingin dibidik.

Selain itu, pastikan pula Oppo Reno7 4G pengguna tetap stabil ketika mereka memotret dengan mode Microscope. Hal ini tentunya bertujuan untuk menghindari hasil foto buram (blur).

2. Text Scanner

KOMPAS.com/BILL CLINTEN Fitur Microscope, Text Scanner, dan Pano di aplikasi kamera Oppo Reno7 4G.

Text Scanner memungkinkan pengguna memotret berbagai dokumen fisik dan mengubahnya menjadi dokumen digital.

Nantinya, fitur ini bakal mengoptimasi dokumen-dokumen tersebut supaya bisa dilihat dengan jelas oleh pengguna.

Untuk memakai fitur ini, pengguna cukup membuka aplikasi kameraa Oppo Reno7 4G, pilih menu “More”, dan pilih ikon “Text Scanner”.

Ketika dipakai, mode Text Scanner akan menampilkan garis berwarna kuning yang bisa menjadi panduan untuk keempat sisi dokumen fisik yang sedang kita bidik.

Garis-garis kuning ini akan muncul apabila pengguna mengarahkan kamera Reno7 4G ke permukaan atau kertas yang dipenuhi dengan berbagai tulisan atau teks.

3. Pano

Pano memungkinkan pengguna memotret obyek sekitar dengan bidang pandang yang lebih luas, atau biasa disebut dengan foto panorama.

Secara teknik, Pano akan menggabungkan beberapa gambar untuk membentuk hasil foto yang lebar memanjang.

Biasanya foto panorama ini digunakan pada saat kita ingin mengambil gambar pemandangan atau keseluruhan area.

Untuk menggunakan ftiur Pano di Reno7 4G, pengguna cukup pergi ke menu “More” di aplikasi kamera dan pilih ikon “Pano”.

Lalu, klik tombol shutter dan alihkan atau geser bidikan kamera ponsel secara perlahan ke satu arah, baik itu ke kanan atau ke kiri.

Supaya bisa menghasilkan foto panorama yang maksimal, pastikan pengguna menggeser bidikan kamera mereka dengan mulus.

Pastikan pula obyek yang dibidik tidak bergerak dan cahaya sekitar obyek tersebut cukup terang.

4. Sticker

Fitur Sticker, Night, dan Extra HD di Oppo Reno7 4G.KOMPAS.com/BILL CLINTEN Fitur Sticker, Night, dan Extra HD di Oppo Reno7 4G.

Sticker memungkinkan pengguna Oppo Reno7 4G menghiasi wajah obyek yang dibidik (jika manusia) dengan berbagai hiasan stiker atau aksesori digital.

Dengan begitu, hasil foto wajah akan terlihat makin berwarna dan terlihat tidak kaku.

Untuk memakai fitur Sticker, pengguna cukup pergi ke menu “More” dan memilih “Sticker” pada mode kamera yang tersedia.

Nantinya, desain stiker bisa dipilih dengan mengeklik ikon “bintang” yang ada di pojok kiri bawah aplikasi kamera.

Adapun desain stiker yang tersedia cukup beragam, mulai dari topi, hewan, dekorasi pesta, bando, dan beragam aksesori cantik lainnya

5. Night

Sama seperti kebanyakan ponsel lainnya, Oppo Reno7 4G juga dilengkapi dengan fitur Night Mode atau mode malam.

Fitur ini memungkinkan pengguna memotret obyek di malam hari, atau kondisi dengan pencahayaan yang minim, dengan terang dan jelas.

Untuk menggunakan mode malam, pengguna cukup memilih mode “Night” yang berada di deretan mode di bagian bawah aplikasi kamera Reno7 4G.

Perlu dicatat, pastikan pengguna memegang ponsel mereka dengan stabil ketika ingin memotret menggunakan fitur ini.

Pasalnya, ponsel bakal memotret sejumlah gambar yang sama dalam beberapa detik, untuk kemudian digabungkan supaya hasil foto bisa dibuat seterang mungkin.

6. Extra HD

Extra HD merupakan fitur atau mode yang bisa dipakai pengguna untuk menghasilkan foto dengan resolusi tinggi atau berukuran besar yang kaya detail. Oppo menyebut fitur ini dengan “Ultra Clear 108 MP”.

Menurut Oppo, metode yang dipakai untuk pemotretan mode Extra HD adalah “Image Stitching”, di mana kamera Reno7 4G akan menjepret beberapa gambar dan menggabungkannya untuk menghasilkan foto berkualitas bagus.

Untuk memakai fitur ini, pengguna cukup pergi ke menu “More” dan memilih ikon “Extra HD”. Agar hasil foto mode Extra HD bagus, pastikan lingkungan sekitar obyek yang dibidik memiliki tingkat pencahayaan yang cukup.

Jika memakai mode ini, foto yang dihasilkan pengguna nantinya bakal memiliki resolusi 9.024 x 12.032 piksel. Sebagai perbandingan, foto dengan mode utama menggunakan kamera Oppo Reno7 4G hanya beresolusi 3.468 x 4.6.24 piksel.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Dari #Mikroskop #hingga #Text #Scanner #Ini #Fitur #Kamera #Oppo #Reno7 #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts