Mandi dengan Air Dingin Bisa Bantu Diet, Mitos atau Fakta?

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Mandi adalah salah satu kegiatan wajib yang bisa menghindarkan tubuh dari bakteri yang menempel setelah seharian beraktivitas, baik itu mandi air hangat atau mandi air dingin.

Mandi air dingin sendiri tidak hanya bisa dilakukan di kamar mandi dengan air mengalir, namun juga bisa berupa mandi dengan air es, berenang di luar ruangan, dan berendam. 

Mandi air dingin dipercaya bisa menyembuhkan beberapa jenis penyakit dan memberikan banyak manfaat untuk kesehatan.

Namun, bagaimana dengan diet? Apakah berat badan bisa berkurang jika mandi dengan air dingin?

Mandi air dingin juga dipercaya bisa membantu tubuh untuk membakar lemak dengan lebih baik sehingga berat badan bisa turun dengan lebih cepat.

Mandi dengan air dingin bisa mempercepat tingkat metabolisme yang mempengaruhi penggunaan energi di tubuh dan pembakaran kalori.

Namun sayangnya, penelitian mengenai klaim ini masih sangat sedikit sehingga tidak bisa dikatakan bahwa mandi dengan air dingin bisa membantu dalam menurunkan berat badan atau tidak.

Mandi dengan menggunakan air dingin ternyata memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Beberapa manfaat didukung dengan riset yang dilakukan oleh banyak ahli, namun ada juga beberapa manfaat yang masih harus dibuktikan keabsahannya secara medis.

1. Mengurangi Nyeri Otot

Mandi air dingin dipercaya bisa mengurangi rasa nyeri pada otot. Manfaat ini sudah dibuktikan dengan beberapa penelitian yang melibatkan atlet.

Penelitian dilakukan oleh sekelompok peneliti dari Australia pada tahun 2011 dan oleh Universitas Politeknik Hongkong pada tahun 2016 yang melibatkan beberapa atlet. Pada penelitian ini ditemukan bahwa atlet yang berendam dengan menggunakan air dingin selama 10 menit setelah latihan intens menunjukkan berkurangnya nyeri otot yang dirasakan.

#Mandi #dengan #Air #Dingin #Bisa #Bantu #Diet #Mitos #atau #Fakta

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts