Minum Kopi Sulit Tidur? Jangan Pakai Gula

  • Whatsapp

BANYAK yang mengatakan bahwa minum kopi menyebabkan sulit tidur. Namun sebagian yang lain mengatakan sama sekali tidak terpengaruh, tetap dapat tidur dengan pulas. Termasuk saya.

Lalu apa yang menyebabkan perbedaan tersebut. Apakah yang masih bisa tidur termasuk peminum kopi berat? Atau ada penyebab lain?

Kafein adalah kandungan utama yang terdapat dalam kopi. Namun, selain kopi ada makanan lain yang justru kandungan kafeinnya lebih tinggi dari kopi dan tidak menyebabkan kesulitan tidur.

Teh, salah satu minuman lain yang banyak mengandung kafein. Namun berbeda dengan kopi, jarang sekali orang yang mengeluh sulit tidur setelah minum teh.

Dalam penelitian laboratorium, kafein ternyata meningkatkan jumlah AMP dan AMP kinase. Makanya jadi bahan yang menarik bagi para peneliti autofagi.

Mengapa? Karena salah satu pemicu proses autofagi adalah tingginya AMP dan AMP kinase.

AMP adalah produk akhir dari siklus ATP pada saat energi digunakan. Hal ini terjadi akibat dilepaskannya ion fosfat pada ATP disertai dengan pelepasan energi.

ATP menjadi kehilangan ion fosfat hingga berubah menjadi ADP lalu AMP.

ATP —> ADP + P + Energi (30,5 kJ/ mol)
ATP —> AMP + PP + Energi (45,6 kJ/ mol)

Peningkatan kadar AMP akan memicu pelepasan AMP kinase yang penting dalam proses autofagi. Lisosom akan aktif tanpa ada aktivasi glukagon.

#Minum #Kopi #Sulit #Tidur #Jangan #Pakai #Gula

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts