Kiosnya Akan Direvitalisasi, Pedagang Buah dan Kuliner di Pasar Barito Tak Bisa Jualan Dulu

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Selatan akan melanjutkan revitalisasi tahap kedua sejumlah kios yang selama ini ditempati oleh pedagang buah dan makanan di Pasar Barito, Kebayoran Baru.

Kepala Suku Dinas (Kasudin) Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil Menengah (PPKUKM) Jakarta Selatan Dedy Dwi Widodo mengatakan, selama proses revitalisasi, tidak ada relokasi atau pemberian tempat pengganti bagi para pedagang.

“Tentunya kami tidak punya relokasi. Kami tidak ada anggaran relokasi dan kami tidak ada tempat. Sama seperti juga pedagang burung,” kata Dedy saat dihubungi, Sabtu (30/7/2022).

Dedy mengatakan, soal tidak adanya tempat pengganti saat revitalisasi kios itu telah disampaikan kepada pedagang buah dan kuliner.

Namun, kata Dedy, pihaknya dalam waktu dekat kembali membahas persoalan tersebut dengan sejumlah pedagang buah dan kuliner.

“Nanti kami bicarakan, kami komunikasikan. Mereka pada prinsipnya karena punya keinginan ingin direhab dan pengin bagus, ya dia dengan kesadaran dan keikhlasan mereka sih siap saja tutup dulu,” kata Dedy.

Kios yang rencananya akan diperbaiki berikutnya yakni lokasi sementara (loksem) pedagang buah dan makanan dengan totalnya mencapai 52 kios.

Sudin PPKUKM mulanya berencana menata para pedagang buah dan kuliner di Pasar Barito dengan memindahkan kios mereka ke Taman Langsat.

Namun, rencana tersebut dibatalkan karena adanya kebijakan lain dari Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta.

“Kemarin sudah pembahasan oleh Dinas Pertamanan dan instansi terkait. Kelihatannya Dinas Pertamanan punya konsep tersendiri untuk mendesain Taman Langsat,” ujar Dedy.

Sebelumnya, Sudin PPKUKM merevitalisasi kios-kios bagi pedagang hewan di Pasar Barito. Total ada 85 kios pedagang hewan yang diperbaiki.

Progres revitalisasi kios pedagang hewan di Pasar Barito sudah mencapai 95 persen.

Proses revitalisasi telah memasuki tahap pemasangan rolling door di 18 dari 85 kios pedagang hewan yang tersedia.

Semua kios memiliki luas yang sama, yakni 5 meter persegi. Revitalisasi kios-kios tersebut ditargetkan rampung awal Agustus 2022.

Pantauan Kompas.com, Jumat (28/7/2022), revitalisasi sejumlah kios hampir rampung.

Sejumlah ruko telah berdiri dengan cat dinding berwarna hijau dan abu-abu serta hitam pada bagian besi penopang bangunan.

Sebagian ruko di dekat Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) telah dipasangi rolling door.

Kondisi ini jauh berbeda dan lebih rapi dibandingkan sebelum revitalisasi. Sebelumnya pasar tampak semrawut dan kumuh.

Kemudian, ada fasilitas tambahan dari lokasi sementara tersebut, seperti ruangan petugas keamanan dan mushala.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Kiosnya #Akan #Direvitalisasi #Pedagang #Buah #dan #Kuliner #Pasar #Barito #Tak #Bisa #Jualan #Dulu #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts