Ini 7 Cara Cek BPJS Kesehatan Aktif atau Tidak dengan Mudah

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Cara cek BPJS Kesehatan aktif atau tidak bisa dilakukan secara online maupun offline dengan mudah. Pengecekan status aktif tidaknya kartu BPJS Kesehatan atau JKN-KIS ini penting untuk diketahui.

Read More

Pasalnya, jika status kepesertaannya tidak aktif, maka kartu BPJS Kesehatan tidak dapat digunakan di Puskesmas, klinik, maupun Rumah Sakit (RS).

Dikutip dari akun Instagram @bpjskesehatan_ri, ada beberapa kanal layanan cek BPJS Kesehatan yang bisa dipilih. Mulai dari aplikasi mobile JKN, Chat Assistant JKN atau CHIKA, care center 165, petugas BPJS Satu, mobile costumer service (MCS), mal pelayanan publik, hingga kantor cabang BPJS Kesehatan terdekat.

Adapun data yang diperlukan untuk cek BPJS kesehatan adalah Nomor Induk Kependudukan (NIK) KTP. Selanjutnya, Anda hanya perlu mengikuti beberapa langkah sederhana untuk mengetahui status kepesertaan BPJS Kesehatan apakah aktif atau tidak.

BPJS Kesehatan sendiri merupakan badan hukum publik yang dibentuk untuk menyelenggarakan Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Kehadiran BPJS Kesehatan berupaya menjamin kesehatan masyarakat di Indonesia.

Dalam UU Nomor 24 Tahun 2011 tentang JKN, kepesertaan dalam BPJS Kesehatan adalah wajib. Karena itu, seluruh warga Indonesia wajib menjadi peserta BPJS Kesehatan.

Lalu bagaimana cara cek BPJS kesehatan aktif atau tidak? Berikut penjelasannya:

Pertama, cara cek BPJS kesehatan aktif atau tidak bisa dilakukan melalui aplikasi mobile JKN. Aplikasi ini dapat diunduh di Google Play Store atau App Store. Peserta bisa mengecek kepesertaan BPJS Kesehatan di menu “Peserta”. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi Mobile JKN di ponsel Anda.
  • Login dengan NIK dan password.
  • Ketik kode captcha di kolom yang sudah disediakan.
  • Lalu klik Login.
  • Pilih menu Peserta.
  • Nomor BPJS Kesehatan dapat dilihat di kartu digital yang ada pada aplikasi tersebut.

Berikutnya, cara cek BPJS kesehatan aktif atau tidak bisa dilakukan melalui Chat Assistant JKN (CHIKA).

Layanan CHIKA dapat diakses lewat beberapa aplikasi media sosial seperti Facebook Messenger di facebook/BPJSKesehatanRI/, aplikasi pesan Telegram di @Chika_BPJSKesehatan_bot, serta aplikasi WhatsApp di nomor 08118750400.

Secara lebih rinci, verikut cara cek BPJS kesehatan aktif atau tidak lewat CHIKA:

  • Chat CHIKA melalui Facebook Messenger, Telegram dan Whatsapp
  • Lalu, pilih menu cek status peserta
  • Ketik nomor peserta/NIK
  • Ketik tanggal lahir sesuai format yang diminta
  • CHIKA akan menampilkan informasi Status keaktifan kepesertaan JKN-KIS

3. Cara cek BPJS kesehatan aktif atau tidak lewat Care Center 165

Selain itu, cara cek BPJS kesehatan aktif atau tidak juga bisa dilakukan melalui Care Center 165. Nomor tersebut sudah dapat diakses masyarakat sejak September 2021 lalu.

Peserta dapat menghubungi nomor 165 untuk cek BPJS Kesehatan dengan NIK KTP. Call center BPJS Kesehatan ini dapat dihubungi 24 jam.

Shutterstock Cara cek BPJS Kesehatan aktif atau tidak secara online dan offline dengan mudah

4. Cara cek BPJS kesehatan aktif atau tidak lewat petugas BPJS SATU

Keempat, cara cek BPJS kesehatan aktif atau tidak adalah melalui petugas BPJS SATU di rumah sakit yang menjadi rujukan. Biasanya, petugas tersebut akan menggunakan seragam rompi kuning bertuliskan BPJS SATU!

Saat mengunjungi petugas BPJS SATU, Anda hanya perlu membawa foto KTP atau KK dan KIS. Petugas dari “BPJS SATU!” berperan dalam Pemberian Informasi dan Penanganan Pengaduan (PIPP) BPJS Kesehatan di rumah sakit.

5. Cara cek BPJS kesehatan aktif atau tidak di Mobile Costumer Service (MCS)

Mobile Customer Service (MCS) adalah layanan kepada peserta JKN-KIS dengan menggunakan mobil. Untuk mengecek BPJS kesehatan aktif atau tidak, Anda cukup mendatangi MCS dengan menunjukkan KTP, KK atau KIS.

Biasanya, MCS hadir di kantor pemerintahan, kecamatan/kelurahan, desa, puskesmas, alun-alun, pusat kota, pusat keramaian, mall, pasar tradisional, sekolah, kampus, Kementerian/instansi/lembaga pemerintah/badan usaha.

6. Cara cek BPJS kesehatan aktif atau tidak di Mal Pelayanan Publik (MPP)

Selanjutnya, cara cek BPJS kesehatan aktif atau tidak juga bisa dilakukan di Mal Pelayanan Publik (MPP) kabupaten/kota. Di sini, Anda hanya perlu menunjukan data NIK KTP atau KIS untuk mengetahui status kepesertaan BPJS Kesehatan.

Terakhir, cara cek nomor BPJS Kesehatan aktif atau tidak adalah di kantor cabang BPJS Kesehatan terdekat. Berikut tahapan-tahapannya:

  • Datangi kantor cabang BPJS Kesehatan terdekat.
  • Ambil nomor antrean dan tunggu.
  • Sampaikan ke petugas bahwa ingin mengecek nomor BPJS kesehatan dengan NIK.
  • Sebutkan NIK ke petugas dan petugas akan menginformasikan nomor BPJS Kesehatan.

Demikian informasi seputar beberapa cara cek nomor BPJS Kesehatan aktif atau tidak secara online maupun offline dengan mudah. Cek status kepesertaan BPJS Kesehatan penting untuk dilakukan agar tidak mengalami masalah saat akan digunakan.

cara cek nomor BPJS Kesehatan aktif atau tidak secara online maupun offline dengan mudahlogo Sukalogo cara cek nomor BPJS Kesehatan aktif atau tidak secara online maupun offline dengan mudah

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Ini #Cara #Cek #BPJS #Kesehatan #Aktif #atau #Tidak #dengan #Mudah #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts