Apakah Orang Dapat Mencegah Risiko Stroke karena Keturunan?

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Tahukah Anda penyakit stroke dapat diturunkan secara genetik? Lalu, mungkinkah orang dengan keturunan stroke dapat terhindar dari penyakit mematikan ini?

Stroke adalah kondisi yang terjadi ketika pembuluh darah di otak pecah dan mengalami pendarahan.

Selain itu, stroke juga disebabkan karena penyumbatan. Pembuluh darah yang pecah atau tersumbat pada akhirnya membuat aliran darah dan oksigen tidak dapat mencapai jaringan di otak.

Dilansir dari Medical News Today, risiko stroke dapat meningkat karena faktor genetik. Seseorang yang memiliki ayah atau ibu penderita stroke, berisiko mengalami hal serupa.

Kendati demikian, stroke akibat genetik dapat ditekan dengan melakoni gaya hidup sehat.

“Seseorang tentu cemas karena stroke dapat diturunkan secara genetik,” tutur Dr. Tatjana Rundek, Profesor Neurologi dan Ilmu Kesehatan Masyarakat di University of Miami kepada Medical News Today.

“Kendati demikian, Anda masih dapat melakukan pencegahan dengan mengubah gaya hidup, terutama dengan meningkatkan kesehatan kardiovaskular,” imbuhnya.

American Heart Association’s membagikan Life’s Simple 7 atau 7 gaya hidup sederhana untuk meningkatkan kesehatan kardiovaskular yang selanjutnya dapat mengurangi risiko stroke.

Ketika ditanya terkait pendapatnya mengenai kaitan Life’s Simple 7 dengan pencegahan stroke karena gen, Prof. Rundek belum bisa memastikannya. Namun, gaya hidup sehat bisa menekan kerusakan gen yang menjadi faktor stroke turunan.

“Mekanisme pasti bagaimana kombinasi gaya hidup dan faktor genetik mempengaruhi risiko stroke belum diketahui dan kemungkinannya sangat kompleks.” kata Prof. Rundek.

#Apakah #Orang #Dapat #Mencegah #Risiko #Stroke #karena #Keturunan

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts