Geledah Plaza Summarecon Bekasi, KPK Amankan Dokumen Dugaan Aliran Dana Suap Wali Kota Yogyakarta

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengamankan sejumlah barang bukti diduga terkait perkara suap yang menjerat mantan Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti.

Read More

Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri mengatakan sejumlah barang bukti yang diamankan tersebut merupakan hasil upaya paksa penggeledahan Plaza Summarecon Bekasi, Jawa Barat, Senin (8/8/2022).

“Adapun bukti dimaksud, antara lain berbagai dokumen dugaan aliran uang dan bukti elektronik,” kata Ali dalam pesan tertulisnya kepada wartawan, Selasa (9/8/2022).

Ali mengatakan tim penyidik KPK akan menganalisis dan menyita sejumlah dokumen tersebut. Kemudian, hasil analisa itu akan dikonfirmasi kepada para saksi dan tersangka.

Sebelumnya, KPK juga menggeledah Plaza Summarecon Jakarta Timur pada Jumat (5/8/2022).

Dari operasi tersebut, KPK mengamankan beberapa dokumen dan alat elektronik yang diduga terkait dengan suap izin pendirian apartemen ini.

“Analisis berikut penyitaan atas temuan bukti-bukti ini segera dilakukan untuk melengkapi berkas perkara tersangka Haryadi Suyuti,” kata Ali kemarin.

Sebagai informasi, sleian Haryadi Suyuti KPK juga telah menetapkan Vice President Real Estate PT Summarecon Agung Tbk Oon Nusihono.

Seorang pejabat Pemerintah Kota Yogyakarta dan ajudan sekaligus sekretaris pribadi Haryadi juga ditetapkan sebagai tersangka. Merak adalah Nurwidi Hartana dan Triyanti Budi Yuwono.

Haryadi dan Oon diamankan dalam operasi tangkap tangan (OTT) yang dilakukan pada 2 Juni lalu. Dalam operasi itu, KPK mengamankan 8 orang dan uang 7.258 dollar AS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Geledah #Plaza #Summarecon #Bekasi #KPK #Amankan #Dokumen #Dugaan #Aliran #Dana #Suap #Wali #Kota #Yogyakarta #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts