Panggung Apung Situ Rawa Kalong Depok Masih Ditutup, Pengunjung: Kirain Bisa Buat Foto-foto

  • Whatsapp

DEPOK, KOMPAS.com – Sejumlah pengunjung mengeluhkan fasilitas panggung apung di Situ Rawa Kalong, Kelurahan Curug, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, belum dapat digunakan untuk umum.

Pasalnya, Situ Rawa Kalong telah diresmikan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pada Jumat (5/8/2022) lalu.

Teguh, salah seorang pengunjung mengaku kecewa lantaran fasilitas panggung apung belum dibuka.

Dia sengaja datang bersama keluarga kecilnya dari Jatijajar, Depok untuk menjajal fasilitas yang disebut instagramable oleh Gubernur Jawa Barat itu.

“Kecewa sih. Kirain saya sudah bisa buat foto-foto gitu di panggung apung, ternyata masih ditutup,” kata Teguh saat di temui di lokasi, Rabu (10/8/2022) sore.

Di sisi lain, Teguh memuji Situ Rawa Kalong yang telah direvitalisasi. Kata dia, kini situ tersebut lebih ramah anak sehingga cocok dijadikan tempat rekreasi bersama keluarga.

Panggung Apung Situ Rawa Kalong Depok Belum Bisa Diakses, Lurah: Itu Berbahaya Banget, Belum Ada Pengelolanya

“Karena kan sebelumnya situnya itu masih biasa, tapi kan sekarang kalau dilihat di sosial media (Instagram) agak lumayam bagus gitu. Jadi saya kemari ngajak keluarga,” ujar Teguh.

Senada dengan Teguh, Sari yang sengaja datang untuk menikmati suasana di Situ Rawakalong turut merasakan perubahan yang signifikan dari wajah Situ Rawa Kalong.

Selain lebih bersih dan tertata, Situ Rawa Kalong juga kerap kali ramai oleh para pedagang yang berjualan disekitar situ.

“Banyak perubahannya, lebih teratur, lebih bersih, lebih bagus. Makanya mungkin orang pada datang ya menarik. Di sampingnya ada buat duduk-duduknya, banyak jajanan juga, kalau ngajak bocah anteng lah,” ujar Sari.

Hanya saja, Sari menyesalkan panggung apung di Situ Rawa Kalong belum dapat digunakan. Sebab, dirinya penasaran untuk menjajali panggung apung yang menarik perhatian sejak diresmikan Gubernur Jawa Barat dan Bonge.

“Pengin nyoba tapi pengunjung masih enggak boleh, apa memang keselamatannya belum bisa dijamin, enggak ngerti juga,” ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Situ Rawa Kalong Nurdin mengungkapkan, alasan fasilitas panggung apung belum dapat diakses pengunjung dikarenakan Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) belum menghibahkan Situ Rawa Kalong kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Depok.

Pasalnya, revitalisasi Situ Rawa Kalong sepenuhnya dilakukan oleh Pemprov Jabar.

“Kemarin waktu kunjungan Gubernur itu kan baru peresmian, makanya nanti akan ada proses administrasi hibah terkait sarana prasarana tersebut. Nanti setelah diserahkan ke Pemkot Depok, dikelola oleh Depok, nanti baru (bisa digunakan),” kata Nurdin saat dihubungi, Rabu.

Nurdin belum dapat memastikan kapan Situ Rawa Kalong dihibahkan kepada Pemkot Depok.

“Kalau hasil komunikasi, secepatnya (dihibahkan) dari SDA Jabar tuh, tetapi kami enggak tahu pasti sampai berapa bulan prosesnya,” kata Nurdin.

Di sisi lain, Nurdin mengungkapkan, jumlah pengunjung Situ Rawa Kalong telah meningkat setelah direvitalisasi. Banyak pengunjung yang ingin menjajal panggung apung tersebut.

“Malah tambah banyak pengunjung, malah pada foto-foto, terus mau masuk area itu (panggung apung) dikunci gitu,” kata Nurdin.

“Ya kayak gini, saya banyak ngejelasin juga itu danau masih tahap pengamanan karena asetnya belum diserahterimakan,” tambah dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Panggung #Apung #Situ #Rawa #Kalong #Depok #Masih #Ditutup #Pengunjung #Kirain #Bisa #Buat #Fotofoto #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts