Bangunan Lama Milik Kemenkeu di Kota Tua Jakarta Akan Dijadikan Lapak Resmi PKL

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah Kota Jakarta Barat tengah merenovasi tiga bangunan lama milik Kementerian Keuangan untuk digunakan sebagai lapak resmi pedagang kaki lima (PKL) di Kota Tua Jakarta, Tamansari, Jakarta Barat.

Read More

Camat Tamansari, Agus Sulaeman mengatakan renovasi di bangunan lama dilakukan untuk menarik minat para pedagang agar mau berpindah lapak dari halaman sekitar Kota Tua Jakarta.

“Diperkirakan gedung itu bisa menampung 200 pedagang. Kami harapkan, pedagang mau pindah dari kawasan Kota Tua ke tempat yang kami sediakan,” kata Agus Sulaeman, kepada wartawan, Jumat (12/8/2022).

Pembenahan tiga bangunan lama itu dilakukan meliputi perombakan pada isi gedung dan mengecat beberapa sisi gedung yang kusam.

Agus menyebut proses peremajaan bangunan lama yang terletak di Jalan Kali Besar Timur, tersebut ditargetkan rampung pekan depan.

“Ditargetkan tanggal 16 atau 17 Agustus sudah selesai pembenahan,” kata Agus.

Jika proses peremajaan sudah rampung, Agus mengatakan akan menjembatani terkait biaya uang sewa lapak PKL di gedung tersebut.

“Kalau sudah rampung, tinggal membahas harga sewa antara pedagang dan pengelola gedung. Pastinya tidak akan memberatkan pedagang kecil,” kata dia.

Ia menjelaskan proses renovasi pun tidak dilakukan sendiri oleh pemerintah, melainkan juga dengan bantuan dari berbagai pihak swasta.

“Kita gandeng swasta dalam pembenahan ini. Ada dua perusahaan air minum yang terlibat yaitu Sosro dan Le Minerale,” jelas Agus.

Sementara itu, Pemkot Jakbar telah menyiapkan dua bangunan lokasi binaan untuk merelokasi para PKL Kota Tua. Dua lokasi itu yakni Kawasan Kota Intan dan Gedung Cipta Niaga.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Bangunan #Lama #Milik #Kemenkeu #Kota #Tua #Jakarta #Akan #Dijadikan #Lapak #Resmi #PKL #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts