Cak Nun Gelar Pentas Teater ‘Waliraja-Rajawali’ di TIM, Ribuan Penonton Hadir dari Berbagai Daerah

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Budayawan Emha Ainun Nadjib yang biasa dikenal Cak Nun melalui Kenduri Cinta, kembali menggelar pementasan teater di Taman Ismail Marzuki (TIM), Cikini, Jakarta, pada Sabtu (13/8/2022) malam.

Pementasan oleh Teater Perdikan dan Gamelan KiaiKanjeng asal Yogyakarta itu, mementasakan naskah bertajuk “Waliraja-Rajawali” di Plaza Teater Besar TIM secara terbuka, kolosal, dan gratis.

Alhasil terpantau ribuan penonton memenuhi plaza meski hanya beralaskan terpal sederhana maupun sepasang sandal jepit milik masing-masing.

Melibatkan 50 pemain, pertunjukan “Waliraja-Rajawali” dimeriahkan oleh beberapa pemain sesepuh seperti Sitoresmi Prabuningrat yang saat ini berusia 72 tahun.

Jalan cerita yang menyentil kondisi politik negeri ini hingga tingkah konyol para karakter yang sesekali menggelitik penonton, berhasil membuat penonton duduk bersila dengan anteng sembari menyeruput kopi yang dijual oleh pedagang keliling.

Sumar, salah satu penonton, mengaku datang dari Kediri, Jawa Timur, untuk menonton pementasan ini.

“Kemarin naik kereta ekonomi, sengaja ke sini untuk nonton teater. Ndak menyesal datang jauh-jauh, naskahnya memuaskan, dipentaskan dengan menarik dan menyenangkan,” kata Sumar di lokasi pementasan.

Sementara Eka, warga Tangerang, mengaku sudah sangat merindukan gelaran Kenduri Cinta di Taman Ismail Marzuki yang dahulu sempat rutin digelar di tempat berbudaya tersebut.

“Sudah rindu sekali. Saya rindu Kenduri Cinta, apalagi ini pementasan teater yang menyenangkan. Tidak turun hujan, meskipun angin lumayan kencang. Musiknya juga enak didengar,” kata Eka.

Eka berharap, akan ada lebih banyak pertunjukan yang digelar di Taman Ismail Marzuki. Terlebih, saat ini, proses renovasi sudah hampir rampung.

“Tidak sabar menanti pementasan teater lainnya. Semoga gedung baru di TIM dapat segera menyambut para seniman yang ingin berkarya dan masyarakat yang menikmati seni,” ungkap Eka.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Cak #Nun #Gelar #Pentas #Teater #WalirajaRajawali #TIM #Ribuan #Penonton #Hadir #dari #Berbagai #Daerah #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts