Tanggal 18 Agustus Hari Memperingati Apa?

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Tanggal 18 Agustus 2022 jatuh pada hari Kamis. Di Indonesia, pada hari ini terdapat peringatan Hari Konstitusi.

Selain itu, ada juga peringatan lain hari ini. Berikut beberapa hari penting yang jatuh pada 18 Agustus 2022.

Hari Konstitusi Indonesia

Hari Konstitusi di Indonesia diperingati setiap tanggal 18 Agustus dan mulai diperingati sejak 2008.

Hari ini ditetapkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 18 Tahun 2008 tentang Hari Konstitusi.

Tanggal ini dipilih karena merupakan hari di mana Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) menetapkan UUD 1945 sebagai konstitusi Negara Kesatuan Republik Indonesia, yakni pada 18 Agustus 1945.

Penetapan konstitusi tersebut pun merupakan suatu kesatuan dengan kemerdekaan Indonesia yang diproklamasikan pada 17 Agustus 1945 dan menjadi tonggak sejarah berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Hari Penelitian Kanker Payudara Sedunia

Hari ini berbeda dengan Hari Kanker Payudara Sedunia yang jatuh setiap tanggal 26 Oktober.

Hari Penelitian Kanker Payudara Sedunia diperingati pada 18 Agustus. Hari ini dibuat oleh The Dr. Susan Love Foundation pada 2021.

Tujuannya adalah untuk menyebarkan kesadaran akan pentingnya penelitian kanker payudara.

Selain itu, adanya Hari Penelitian Kanker Payudara Sedunia diharap dapat meningkatkan perhatian dalam memahami dan mengobati penyakit ini.

 

Referensi:

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Tanggal #Agustus #Hari #Memperingati #Apa #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts