Inspirasi dan Makna Logo Piala Dunia U20 2023 Indonesia

  • Whatsapp

KOMPAS.com – FIFA baru saja meluncurkan emblem atau logo Piala Dunia U20 2023 Indonesia, Rabu (17/8/2022) sore WIB.

Read More

Peluncuran logo Piala Dunia U20 2023 bertepatan dengan HUT ke-77 Republik Indonesia.

Logo tersebut berbentuk trofi Piala Dunia dengan globe di atasnya. Dalam globe tersebut didominan warna merah ditambah dengan beberapa warna termasuk putih, biru laut, dan hijau.

Warna merah putih tersebut melambangkan warna bendera Indonesia. Kemudian, putih adalah lautan yang akrab dengan Indonesia.

Adapun warna hijau tak lepas dari pesona alam di Tanah Air.

Di tengah globe, ada segilima dengan makna gelaran Piala Dunia dibuat untuk lima benua di Planet Bumi.

Kemudian, tipografi ekor di huruf “A” pada kata Indonesia terinspirasi dari bentuk aksara Jawa.

Secara menyeluruh, makna logo Piala Dunia U20 2023 ingin menyampaikan semangat, warna, keragaman, dan semangat perayaan dari sebuah kompetisi di jantung Asia Tenggara. 

“Ini akan menjadi kompetisi FIFA pertama yang berlangsung di Indonesia, peluncuran logo resmi merupakan tonggak sejarah yang menarik dalam perjalanan ini,” jelas Direktur Turnamen FIFA, Jaime Yarza, dikutip laman resmi.

“Selain menjadi kesempatan yang tepat untuk menunjukkan semangat sepak bola Indonesia kepada dunia”

“menjadi tuan rumah Piala Dunia U20 juga akan membantu mengembangkan olahraga di Tanah Air, dan akan ada warisan infrastruktur yang signifikan yang akan bermanfaat bagi sepak bola di Indonesia. di tahun-tahun mendatang,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, memiliki keyakinan Piala Dunia U20 2023 berimbas besar untuk perkembangan sepak bola Tanah Air.

Terlebih peluncuran tersebut bersamaan dengan HUT ke-77 RI.

“Peluncuran lambang resmi Piala Dunia U20 Indonesia 2023 yang bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Indonesia menandakan bahwa sepak bola Indonesia siap bangkit dan tampil memukau di pentas dunia,” kata Mochamad Iriawan.

“Tentunya turnamen ini juga akan mewariskan banyak hal baik untuk perkembangan sepakbola Indonesia ke depan, seperti infrastruktur dan pembangunan sepakbola.”

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Inspirasi #dan #Makna #Logo #Piala #Dunia #U20 #Indonesia #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts