Anies Sebut Indonesia Masih Hadapi Jalan Panjang untuk Raih Kemerdekaan yang Hakiki

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan bahwa kemerdekaan Indonesia yang hakiki ditandai dengan hadirnya keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Read More

Atas dasar itu, kata Anies, bangsa Indonesia masih harus menempuh perjalanan panjang untuk menghadirkan konsep kemerdekaan yang hakiki.

“Kemerdekaan hakiki itu ditandai dengan keadilan sosial. Itulah kemerdekaan yang hakiki, dan ini yang coba kita ikhtiarkan,” ujar Anies saat menyampaikan pidato kebangsaan di kawasan Ancol, Jakarta Utara, Rabu (17/8/2022).

“Tentu ini tidak akan berhenti di sini. Perjalanan masih panjang,” tegas Anies.

Anies memandang gagasan kesejahteraan dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia yang disusun pejuang kemerdekaan pada masa lalu, juga tertanam dalam benak generasi saat ini.

Dengan demikian, perlu ada kesadaran dari pemerintah dan juga seluruh elemen masyarakat untuk bisa mewujudkan konsep kemerdekaan yang hakiki tersebut.

Beri Penghargaan kepada Sosok Berjasa selama Covid-19, Anies: Bukti Kita Tak Pernah Kekurangan Stok Pejuang

“Tinggal kita harus wujudkan sama-sama dalam sebuah kerja. Dari mulai yang berada di pemerintahan, sampai di luar pemerintahan,” kata Anies.

Anies sebelumnya mengatakan bahwa menghadirkan kesejahteraan dan keadilan sosial bagi masyarakat menjadi salah satu tantangan yang dihadapi Indonesia saat ini.

Peringatan 77 tahun kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 2022 ini, harus menjadi pengingat bahwa masih ada janji kemerdekaan yang belum bisa diberikan kepada masyarakat.

Ini Cara Anies Cukupkan Pendapatan DKI Setelah Bebaskan 85 Persen Warga dari Pajak Bumi dan Bangunan…

“Peringatan bahwa 77 tahun ini ada sebagian dari janji kemerdekaan yang sudah dilunasi. Tapi masih banyak yang belum (bisa dituntaskan),” ungkap Anies Anies.

Anies menilai, keadilan sosial yang dimaksud dalam sila kelima Pancasila harus bisa diterapkan oleh penyelenggara negara dalam menyusun kebijakan.

Dengan begitu, Anies berharap kebijakan yang dibuat dan dijalan oleh pemerintah bisa memberikan manfaat bagi masyarakat.

“Ini pekerjaan rumah yang sekarang ada di depan kita, dan menghadirkan rasa keadilan bukan semata-mata soal menegakkan hukum, menegakkan aturan,” pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Anies #Sebut #Indonesia #Masih #Hadapi #Jalan #Panjang #untuk #Raih #Kemerdekaan #yang #Hakiki #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts