Tanggal 21 Agustus Hari Memperingati Apa?

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Tanggal 21 Agustus 2022 jatuh pada hari Minggu. Pada hari ini, terdapat Hari Internasional untuk Peringatan dan Penghormatan kepada Korban Terorisme.

Selain itu, ada juga peringatan lain hari ini. Berikut beberapa hari penting yang jatuh pada 21 Agustus 2022.

 

Hari Internasional untuk Peringatan dan Penghormatan kepada Korban Terorisme

Hari Internasional untuk Peringatan dan Penghormatan kepada Korban Terorisme jatuh pada tanggal 21 Agustus setiap tahun.

Hari ini didedikasikan untuk mengenang orang-orang yang hidupnya terkena dampak aksi terorisme, termasuk para korban beserta keluarga dan kerabat mereka.

Selama ini, para korban serangan teroris seringkali kekurangan sumber daya untuk merlakukan rehabilitasi secara keseluruhan. Banyak dari mereka yang membutuhkan bantuan keuangan dan medis.

Berangkat dari masalah ini, Majelis Umum Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) mendeklarasikan 21 Agustus sebagai Hari Internasional untuk Peringatan dan Penghormatan kepada Korban Terorisme pada tahun 2017.

Tujuannya adalah untuk menghormati dan mendukung para korban terorisme, serta mempromosikan perlindungan terhadap hak asasi dan kebebasan fundamental mereka.

Ninoy Aquino Day di Filipina

Pada tahun 2004, Presiden Filipina, Gloria Macapagal Arroyo menetapkan tanggal 21 Agustus sebagai Hari Ninoy Aquino atau Ninoy Aquino Day.

Hari ini adalah hari penting dalam sejarah Filipina.

Tanggal 21 Agustus di tahun 1983 merupakan hari dibunuhnya Benigno Simeon Aquino Jr atau Ninoy Aquino, tokoh politik Filipina berpengaruh yang berjuang untuk kemerdekaan dan demokrasi di negara tersebut.

Peristiwa ini menyebabkan jatuhnya presiden yang kerap menjadi sasaran kritik Ninoy Aquino karena kediktatorannya, Ferdinand Marcos, pada 25 Februari 1986.

Melalui pemilihan umum yang digelar lebih awal, istri Ninoy Aquino, Corazon Aquino, terpilih menjadi Presiden Filipina.

Hingga kini, Ninoy Aquino dan Corazon Aquino dianggap sebagai pahlawan demokrasi di negara tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Tanggal #Agustus #Hari #Memperingati #Apa #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts