Achmad Hermanto Dardak Meninggal Dunia dalam Kecelakaan Saat Pulang Kerja Membahas IKN

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Mantan Wakil Menteri Pekerjaan Umum era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Achmad Hermanto Dardak meninggal dunia karena kecelakaan.

Menurut putra almarhum, Emil Elistianto Dardak, ayahnya meninggal dalam kecelakaan  sepulang dari dinas dalam membahas rencana pemindahan ibu kota ke Ibu Kota Nusantara (IKN).

Adapun Achmad Hermanto Dardak merupakan Ketua Tim Pengarah Infrastruktur IKN.

“Kepergian almarhum yang dipengabdian terakhir, sedang membahas dan membantu menyosialisasikan rencana besar kami memindahkan IKN. Karena Beliau juga diamanahi menteri PU sebagai Ketua Tim Pengarah Infrastruktur IKN,” kata Emil di rumah duka, Kompleks Bina Marga 2, Jalan Swakarsa V nomor 28, Pondok Kelapa, Duren Sawit, Jakarta Timur, Sabtu (20/8/2022).

Senada dengan Emil, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan, Achmad Hermanto Dardak merupakan sosok yang pekerja keras.

Selain itu, selama hidup, Achmad Hermanto Dardak menyumbangkan ilmu yang diperolehnya untuk membantu bangsa Indonesia, meski telah melewati masa pensiun.

“Pendidikan yang diperolehnya dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk mengabdi bagi bangsa. Beliau tidak pernah mengenal pensiun walaupun secara administratif sudah pensiun, tapi pengabdian tidak berhenti,” ujar Anies.

Hingga akhir hidupnya, Achmad Hermanto Dardak tengah menjalankan tugas untuk menyusun rencana bagi pembangunan Indonesia.

“Bahkan ketika wafat pun pulang dalam perjalanan mengurus kegitan yang berkaitan dengan rencana pembangunan untuk indonesia,” ujar Anies.

Achmad Hermanto Dardak meninggal dalam kecelakaan di ruas Tol Pemalang-Batang KM 341+400 arah Jakarta, Sabtu, pukul 03.25 WIB.

Ayahnya Meninggal dalam Kecelakaan, Emil Dardak: Insya Allah Bisa Mengikhlaskan

Kecelakaan terjadi saat mobil yang ditumpangi Hermanto Dardak menempuh perjalanan masuk dari Gerbang Tol Kalikangkung.

Diduga, sopir mobil Innova yang ditumpanginya mengantuk sehingga menabrak bagian belakang truk di depannya.

Menurut Emil, ayahnya akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, pada Minggu (21/8/2022) pagi.

“Kami sendiri masih memastikan kapan persisnya dan untuk saat ini fokus saya pribadi segera menemui Ibunda untuk bisa mendukung agar beliau bisa tabah menghadapi,” kata Emil, di rumah duka, Sabtu.

Emil mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno karena ayahnya diizinkan untuk dimakamkan di TMP Kalibata.

“Kami berterima kasih kepada Bapak Mensesneg dan juga Pak Presiden atas diizinkannya almarhum selaku penerima Bintang Mahaputera Utama 2014 untuk dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, besok pagi,” ucap dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

#Achmad #Hermanto #Dardak #Meninggal #Dunia #dalam #Kecelakaan #Saat #Pulang #Kerja #Membahas #IKN #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts